Pilkada Serentak di Masa Covid -19

Massa Kampanye Dibatasi maksimal 100 Orang

KPU Basel Sosialisasi PKPU No 6 Tanun 2020

Politik  JUM'AT, 18 SEPTEMBER 2020 , 15:35:00 WIB | OLEH:

Massa Kampanye Dibatasi maksimal 100 Orang

Kegiatan sosialisasi PKPU oleh KPU Basel kepada para pengurus parpol dan LO Paslon.(foto-dev)

RMOL BABEL. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan mensosialisasikan aturan-aturan main gelaran Pilkada serentak tahun 2020 mendatang. Salah satunya terkait batas maksimal pengerahan massa pada saat kampanye terbuka Paslon yang hanya dibatasi maksimal 100 orang dan kampanye dalam ruangan maksimal 50 orang. Dan kegiatan-kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol covid 19.
Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Basel, Amri di hadapan para stakeholder, perwakilan partai politik dan liaison officer (LO) masing-masing bakal Paslon. Pertemuan ini sekaligus merupakan kegiatan sosialisasi PKPU Nomor 6 Tahun 2020. Pada kesempatan ini, KPU juga mensosialisasikan PKPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 6 Tahun 2020 yang berisikan 'aturan main' Pilkada serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid-19. Amri mengatakan sosialisasi dilakukan agar teknis kegiatan yang akan dilaksanakan para bacalon sesuai aturan yang ada.

"Dalam PKPU ini sudah diatur teknis para bacalon saat pengumpulan massa dan kampanye. Misalnya kampanye di ruangan maksimal 50 orang disesuaikan ruangan, berjarak minimal 1 meter, memakai masker dan mencuci tangan," ujar Amri, Jumat (18/9).

Namun demikian Amri mengatakan bahwa PKPU ini sendiri belum menyentuh pada ranah sanksi apabila terjadi pelanggaran pada pelaksanaan kampanye para Paslon. menurut Amri, hal ini masih dalam proses penggodokan di KPU Pusat.

"Untuk sanksi belum ada apabila ada yang nanti melanggar. Aturan inilah yang masih kita tunggu karena masih digodok di pusat dan ada perubahan dari PKPU Nomor 7 Tahun 2017. Tetapi kami tetap mengimbau para bacalon untuk menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.[Dev]

Komentar Pembaca