Menyingkap Potensi Kolong Jelana Pangkalpinang, Agus Afandi: Punya Potensi Luar Biasa

Daerah  KAMIS, 27 AGUSTUS 2020 , 08:27:00 WIB

Menyingkap Potensi Kolong Jelana Pangkalpinang, Agus Afandi: Punya Potensi Luar Biasa

RMOLBABEL

RMOL BABEL. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang sukses melaksanakan kegiatan penggunaan dana hibah dari BNPB dalam pembangunan Kolong Retensi Jelana.
Hal ini terbukti, setelah Deputi Bidang Rehabilitas dan Kontruksi BNPB serta Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel), Rabu (26/8/2020) melakukan peninjauan dan memberikan apresiasi terhadap hasil pembangunan Kolong Retensi Jelana di Kota Pangkalpinang itu.

Saat di konfirmasi, Kabid Rehabilitas dan Rekontruksi BPBD Provinsi Bangka Belitung (Babel), Agus Afandi mengungkapkan dari keberhasilan pengerjaan kolong retensi tersebut harus mempunyai daya tambah yang dapat memberikan dampak dan manfaat kepada banyak orang selain dari fungsi utamanya sebagai sumber bahan baku air bersih dan penyerapan air serta untuk mengatasi banjir.

Baginya, Kolong Retensi Jelana ini sangat besar dan luar biasa potensi nya untuk di kelolah kedepan nya, terutama untuk di jadikan tempat-tempat wisata air. "Potensi nya (kolong jelana) sangat luar biasa, tinggal di kelolah oleh dinas terkait terlebih untuk dijadikan tempat-tempat wisata seperti wahana permainan air," jelas nya.

Selain itu, sambung Agus, Kolong Retensi Jelana juga sangat bagus untuk di jadikan tempat atau kolam berenang atau tempat kursus bernenang. Pasalnya, air kolong retensi tersebut merupakan air serapan hujan yang tidak mengandung kaporit.

Baginya, keberhasilan pengerjaan pembangunan paska bencana/Kolong Retensi Jelana ini selain bisa mempunyai daya tambah terlebih harusjadi percontohan bagi tempat didaerah lain.

"Kota Pangkalpinang harus beryukur memiliki Kolong Retensi Jelana ini, pasalnya Pangkalpinang sendiri hingga saat ini hampir tidak ada daerah resapan air, yang ada hanya aspal dan bangunan beton," pngkas nya. [ina]



Komentar Pembaca