Kisruh!! Rusunawa Akan di-Jadikan Tempat Isolasi Penderita Corona, Ini Kata Politisi PKS

Daerah  SELASA, 31 MARET 2020 , 18:07:00 WIB

Kisruh!! Rusunawa Akan di-Jadikan Tempat Isolasi Penderita Corona, Ini Kata Politisi PKS

RMOLBABEL

RMOL. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pangkalpinang fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sikapi penolakan warga Pangkalarang terhadap rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang untuk dijadikan rusunawa sebagai tempat isolasi PDP dan ODP virus covid-19.
Arnadi mengatakan sejak adanya rencana tersebut muncul beberapa masyarakat Pangkalarang sudah menghubungi pihaknya dan merasa keberatan terhadap rencana tersebut.

"Keberatan tersebut sudah kami sampaikan kepada kepala Dinas Perkim kota Pangkalpinang. Beliau mengatakan bahwa hal tersebut baru rencana dan masih bisa dievaluasi, mengingat ada warga juga yang menempati rusunawa tersebut. Untuk sementara yang PDP yang lebih parah masih bisa di tampung di rumah sakit dan berharap wabah ini tidak semakin meluas," kata Arnadi, Selasa (31/3/2020).

Kendati demikian, pihaknya berharap agar Pemkot Pangkalpinang memperhatikan aspirasi masyarakat tersebut, apalagi Pangkalarang padat penduduk.

"Dengan beredarnya informasi sedemikian bahayanya virus covid-19 dan beragam cara penularan nya, wajar membuat masyarakat takut. Jangankan terkonfirmasi positif, ODP dan PDP juga mungkin ada yang carier dan memiliki potensi positif, sehingga muncul kekhawatiran dari warga. Mumpung belum terlanjur kami pikir Pemkot harus mencari alternatif lokasi karantina yang jauh dari pemukiman masyarakat sehingga tidak menimbulkan gejolak dan ketakutan yang lebih lanjut," pinta Arnadi.

Selain itu, Pemkot juga harus meningkatkan koordinasi nya dengan pihak Pemerintah Provinsi (Pemprop), karena diketahui pihak Pemprop juga menyiapkan lokasi karantina di gedung Diklat dan BKPSDM yang lebih memadai dan jauh dari pemukiman sehingga lokasi ini juga bisa dimanfaatkan.

Selain itu, terkiait mengenai anggaran penanggulangan wabah covid -19 ini. Sebaiknya Pemerintah segera mengevaluasi anggaran yang tersedia." Kami dengar sudah disiapkan anggaran dari dana DID. Jika kurang silakan pangkas anggaran yang kurang prioritas dan dibicarakan bersama dengan DPRD agar mendapatkan masukan yang lebih banyak," himbaunya.

"Kepada masyarakat ikuti anjuran pemerintah agar virus ini tidak sampai ke kita. Kita mesti bersyukur bahwa sampai hari ini Pangkalpinang belum ada yang positif. Tetap di rumah, selalu jaga kebersihan dan rutin mencuci tangan, lakukan social distancing semoga kita terlindung dari wabah yang berbahaya ini," tukas Arnadi. [ina]


Komentar Pembaca