NasDem Kecewa dengan Jokowi Tapi Tidak Akan Oposisi

NasDem Mungkin Jadi Oposisi di Parlemen

Politik  KAMIS, 01 AGUSTUS 2019 , 14:42:00 WIB

NasDem Kecewa dengan Jokowi Tapi Tidak Akan Oposisi

Hendri Satrio/Ist

RMOLBabel. Partai Nasdem mulai menampakkan kekecewaannya atas sikap presiden terpilih Joko Widodo yang sepertinya berupaya merangkul Gerindra. Hal itu tersirat dari pernyataan Akbar Faisal dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC), Selasa (30/7).
Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai, kekecewaan partai besutan Surya Paloh itu merupakan sebuah kewajaran wajar. Sebab, Nasdem ikut berjibaku memenangkan Jokowi, sementara Gerindra notabene adalah lawan politik.

Apalagi jika menyangkut pembagian kursi. Nasdem sebagai partai koalisi tentu tidak akan rela jatahnya dikurangi. Terlebih, Nasdem kini mengalami peningkatan suara yang signifikan di parlemen.  

Namun demikian, Hendri Satrio sangsi Nasdem bakal berontak dan menjadi oposisi. Menurutnya, sulit membayangkan Nasdem berani mengambil langkah tersebut.

Rasa kekecewaan di tubuh Nasdem pasti ada. Tetapi tidak akan oposisi," tegasnya kepada Kantor Berita RMOL, Kamis (1/8).

Pria yang karib disapa Hensat ini menilai, Nasdem bisa saja menjadi oposisi di parlemen. Dalam hal ini, mereka bisa mengkritik kebijakan Jokowi yang dianggap tidak ideal.

Artinya tetap mendukung pemerintahan, tetapi di parlemen mungkin akan ada kebijakan Pak Jokowi yang dikritisi,” pungkasnya. [AL]

Komentar Pembaca