Tidak Pernah Ikut Pameran Bukti Esemka Bukan Mobil Nasional

Politik  RABU, 23 JANUARI 2019 , 19:55:00 WIB

Tidak Pernah Ikut Pameran Bukti Esemka Bukan Mobil Nasional

Mobil Esemka/Net

RMOLBabel. Mobil Esemka yang digembar-gemborkan Presiden Joko Widodo sejak menjabat walikota Solo bukan proyek mobil nasional.
Ahli otomotif, Mochtar Niode menilai Esemka lebih banyak mengadopsi desain dan teknologi dari negara China. Sehingga mobil itu tidak bisa dipatenkan sebagai mobil nasional.

Tidak hanya itu, Esemka, sambungnya, juga tidak pernah diikutkan dalam pameran mobil bertaraf Internasional.

"Kalau misalnya Esemka (asli buatan Indonesia), harusnya bisa ikut pameran internasional. Kenyataannya mereka nggak bisa," ungkapnya dalam diskusi bertajuk ‘Indonesia Pasca Jokowi Mewujudkan Mobil Nasional Bukan Pencitraan Seperti Esemka" di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya I nomor 35, Kebayoran Baru, Rabu (23/1).

Mochtar kemudian menyinggung mobil nasional buatan Vietnam, Vinfast. Mobil ini sudah sering ikut dalam pameran mobil dunia.

Namun demikian, Mochtar mengaku optimis Indonesia bisa memproduksi mobil nasional. Dia menganjurkan agar mobil yang dibuat berbahan listrik sehingga ramah lingkungan. Termasuk tidak banyak membutuhkan komponen.

”Mobil listrik itu komponen yang dibuat itu kurang lebih 50. Kalau mobil biasa, itu kira-kira lebih dari 2 ribu komponennya. Dan itu buat Indonesia susah sekali menguasainya. Karena susah sekali, kompleks," urainya. [ian]

Komentar Pembaca