PSSI Sebut Simon McMenemy Paling Cocok Tukangi Timnas Indonesia

Sport  JUM'AT, 21 DESEMBER 2018 , 15:23:00 WIB

PSSI Sebut Simon McMenemy Paling Cocok Tukangi Timnas Indonesia

Simon McMenemy/Net

RMOLBabel. PSSI sudah secara resmi memilih Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia, Kamis (20/12/2018). Dipilihanya pelatih asal Skotlandia yang dikontrak untuk durasi dua tahun ini karena dinilai paling cocok dari beberapa kandidat.
Simon akan menangani tim sampai Piala AFF tahun 2020. Baginya, ini seperti mimpi yang jadi kenyataan. Sebelum ditunjuk jadi pelatih Timnas Indonesia, Simon memang sudah menyatakan ketertarikan melatih Tim Garuda dalam beberapa kesempatan.

Penunjukan ini akan jadi tantangan sekaligus beban buat Simon. Pasalnya, menyandang jabatan sebagai pelatih Timnas Indonesia bukan tugas enteng. Khususnya di tengah dahaga pencinta timnas akan tuntutan prestasi serta lingkungan yang terkadang tak mendukung.

Dilansir laman Bola.com, Wakil Ketua Umum PSSI, Djoko Driyono (Djokdri), mengatakan dipilihnya Simon didasari beberapa pertimbangan yakni terkait target timnas Indonesia ke depan.

"Kemudian yang kedua adalah menyangkut sumber daya pemain yang ada, pola kompetisi kita, dan termasuk kemampuan kita mendukung program lain dan sebagainya. Dari dua elemen ini, kemudian kami mencari siapa yang pantas melatih timnas yang kemudian dihubungkan dengan kualifikasi, rekam jejak, dan sebagainya. Simon adalah pelatih yang paling cocok dibandingkan calon lain yang tidak disebutkan,” ujarnya, tanpa menyebut target yang diminta dari Simon.

Selain menunjuk McMenemy sebagai pelatih Timnas senior Indonesia, PSSI juga tetap menempatkan Indra Sjafri sebagai pelatih Timnas U-22 untuk persiapan SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Adapun Bima Sakti yang sebelumnya menjadi pelatih sementara Timnas Indonesia pasca Luis Milla, kembali diproyeksikan untuk menangani Timnas U-16.

Sedangkan Rully Nere membesut timnas nasional senior putri. Masih ada dua posisi pelatih yang belum ditentukan yaitu untuk Timnas U-19 putra dan Timnas U-16 putri yang kemungkinan baru akan ditetapkan beberapa pekan ke depan. [*/Shl]

Komentar Pembaca