Ozil Ngaku Cuma Ngomong Bola

Soal Pertemuan Dengan Erdogan

Sport  SENIN, 23 JULI 2018 , 10:40:00 WIB

Ozil Ngaku Cuma Ngomong Bola

Foto/Net

RMOLBabel. Jepretan foto Mesut Oezil den­gan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuai kritik. Gelandang serang Jerman dan Arsenal itu akh­irnya angkat suara.
Oezil kedapatan foto bersama Erdogan pada Mei lalu. Oezil dan Ilkay Guendogan, dua pe­main Jerman yang memang berdarah Turki, terlihat akrab dengan sang presiden.

Momen itu rupanya mem­buat Oezil dikecam, mengingat Erdogan adalah sosok yang tidak disenangi Jerman. Sikap Oezil bahkan dianggap bentuk indispliner di Timnas Jerman, yang sebelumnya sudah dim­inta sumpah setianya untuk Die Mannschaft.

Guendogan sendiri terhin­dar dari kecaman karena lang­sung menegaskan foto bersama Erdogan bukanlah bentuk dukun­gan politik. Sementara kecaman ke­pada Oezil, yang masih bungkam, makin menjadi-jadi usai Jerman gagal di Piala Dunia 2018.

Setelah lama bungkam, Oezil akhirnya angkat suara soal foto bersama Erdogan. Ia menegas­kan, foto itu bukanlah bentuk dukungan politik melainkan hanya sekadar menghormati petinggi negara keluarganya di Turki.

"Saya punya dua hati, satu Jerman dan satunya lagi Turki. Sewaktu kecil, ibu saya men­gajarkan untuk selalu menaruh hormat dan tidak pernah melu­pakan dari mana saya berasal. Hal itu masih relevan menu­rut saya sampai hari ini," kata Oezil memberi penjelasan di Twitternya @MesutOzil 1088.

"Foto bersama Presiden Erdogan bukan tentang politik atau pemilu. Itu cuma bentuk saya menghormati pejabat tert­inggi keluarga saya. Saya pesepakbola, bukan politisi dan pertemuan kami tidak difasilitasi oleh kebijakan apapun."

Faktanya, Ozil dan Erdogan berbicara soal sepakbola. Kebetulan Erdogan merupakan pe­main sepakbola sewaktu muda.

"Bagi saya, tidak penting sia­pa presidennya, tapi yang pent­ing adalah dia seorang presiden. Apakah itu Presiden Turki atau Jerman? Sikap saya tidak akan berbeda," tegasnya. [***/rm]

Komentar Pembaca