Pemkab Babar Ada Program Renovasi Rumah Warga, Ini Ketentuannya

Daerah  RABU, 04 JULI 2018 , 18:56:00 WIB

Pemkab Babar Ada Program Renovasi Rumah Warga, Ini Ketentuannya

Hasan Basri

RMOLBabel. Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Pemkab Babar) melalui Dinas Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) siap membantu merenovasi rumah warga dengan program Bantuan Rumah Swadaya/Stimulant (BRS) dengan menggunakan anggaran dari kementerian.
Kabdi Perumahan Disperkimhub Babar, Hasan Basri menjelaskan, program ini ditujukan khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah dengan kondisi rumah mereka rusak atau tidak layak. Bantuan tersebut berupa uang sebesar Rp15 juta yang diperuntukan pada pembelian material bangunan.

"Untuk biaya upah dan selebihnya masyarakat harus tanggung secara mandiri. Selain itu bantuan ini bukan untuk membuat atau memperbarui rumah secara keseluruhan dari nol atau seperti bedah rumah, melainkan renovasi satu atau beberapa bagian saja. Contohnya atap, dinding atau lantai sesuai kecukupan dari bantuan yang diberikan sebesar 15 juta," terangnya kepada Kantor Berita RMOLBabel, Rabu (4/7).

Ia menjelaskan, bahwa masyarakat yang mendapatkan bantuan program BRS ini harus membuat kesepakatan/pernyataan tertulis bahwa mampu dan wajib menyelesaikan pembangunan atau renovasi yang telah dibantu oleh pemerintah. "Artinya dana yang diberikan harus digunakan secukupnya untuk dibelanjakan material bangunan, lalu material yang telah dibeli harus segera digunakan untuk membangun atau merenovasi, dan tidak boleh dijual. Apabila kesepakatan tersebut tidak dilaksanakan maka masyarakat yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi," ujarnya.

Hasan melanjutkan, ada tiga aspek yang dilihat untuk bantuan ini meliputi atap, dinding dan lantai. "Misalkan atapnya masih berupa bahan pelepah rumbia, dindingnya masih papan, jadi bukan rumah yang sama sekali miskin, bukan, jadi takutnya kan kalau sasarannya rumah masyarakat miskin, nanti minta semuanya," terangnya lagi.

Ia mengungkapkan, bantuan ini merupakan salah satu bagian dari program Nawacita Presiden Joko Widodo, dikucurkan sesuai dengan data yang diajukan oleh RT/RW dan Kades setempat kepada Disperkim, yang kemudian akan diverifikasi sesuai dengan aspek dan kriteria yang telah ditentukan.

"Kuota rumah yang dialokasikan oleh pusat untuk bantuan Program BRS di Babar melalui dana DAK ada 106 rumah dan sudah mulai berjalan sejak tahun 2017," demikian Hasan. [Mg7]

Komentar Pembaca