Menpar: Penetapan KEK Dorong Kemajuan Pariwisata Daerah

Daerah  JUM'AT, 13 APRIL 2018 , 17:42:00 WIB

Menpar: Penetapan KEK Dorong Kemajuan Pariwisata Daerah

RMOLBabel/Ist

RMOL. Menteri Pariwisiata RI, Arief Yahya kunjungi Bangka Belitung (Babel). Hal ini dilakukan tidak lain untuk melakukan percepatan perkembangan dunia pariwisata.
"Terkait hal itu, terlebih harus untuk mendapatkan penetapan Kawasan Khusus Ekonomi (KEK), hanya saja untuk mendapatkan itu tidak mudah, tapi akan terasa lebih sulit jika tidak mendapatkannya," ujar Menteri, Jumat (13/4).  

Diakunya, pariwisata di Indonesia tumbuh 22 persen, dalam artian hampir tidak ada industri di Indonesia yang memiliki pertumbuhan sebesar itu. Adapun tiga sektor dunia yang mempengaruhi perkembangan usaha diantaranya  sektor Industri, Perdagangan, dan Pariwisata. Sedangkan pariwisata Indonesia memiliki potensi besar untuk dapat dikembangkan secara maksimal tidak terkecuali di Babel.

Berkenaan denagn itui, Kementerian Pariwisata terus mendorong setiap daerah untuk dapat mengusulkan wilayah agar ditetapkan sebagai KEK.

"Kami telah berkirim surat kepada seluruh daerah se-Indonesia untuk dapat mengajukan wilayah menjadi kawasan khusus dengan mempersilahkan 100 wilayah, artinya setiap daerah di seluruh Provinsi di Indonesia, minimal memiliki tiga kawasan khusus, semoga dua kawasan di Pulau Bangka ini dapat ditetapkan," harapnya.

Ungkap Menteri, kawasan pantai di Pulau Bangka merupakan sumber daya pariwisata untuk dapat diolah secara maksimal, konsep wisata adalah melestarikan alam, semakin lestari semakin mensejahterakan, membangun masyarakat, dimana kehadiran kawasan khusus dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar agar dapat mencapai kesejahteraan.

"Dengan adanya penetapan kawasan khusus terhadap suatu wilayah, konsekuensi dari semua adalah Pemerintah Pusat akan memberikan kemudahan dalam mempersiapkan sarana prasarana
kepada daerah agar perkembangan pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata dapat dirasakan masyarakat langsung," terangnya. [ina] 

Komentar Pembaca