Belum Juga Lihat, BPOM Sebut Temuan Telur 'Palsu' Di Sungailiat Hoax

Daerah  RABU, 21 MARET 2018 , 22:10:00 WIB

Belum Juga Lihat, BPOM Sebut Temuan Telur 'Palsu' Di Sungailiat <i>Hoax</i>

Foto/Net

RMOL. Geger telur yang diduga palsu atau hasil sintetik di Sungailiat, Kabupaten Bangka yang ditemukan salah satu warga ditanggapi santai oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang.
Seperti konfirmasi Kantor Berita RMOLBabel, malam tadi (Rabu, 21/3), BPOM Pangkalpinang menilai hingga saat ini pihaknya belum pernah menemukan adanya telur palsu atau hasil sintetik. Masyarakat pun diimbau untuk jangan khawatir terhadap isu tersebut.

"Setahu saya sampai sekarang belum ada teknologi membuat telur cangkang dan isinya. Kalau soal lapisan mirip plastik itu biasa ada di telur. Kalau soal putih telurnya lebih encer atau kuning telurnya relatif lebih lunak, kemungkinan karena umur telurnya sudah relatif lama kemungkinan 4 minggu," kata Kasi Pemeriksaan Penyidikan Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen BPOM Pangkalpinang M Bagir lewat pesan singkat WhatsApp.

Oleh karena itu, lanjut Bagir, terkait keluhan masyarakat soal isu telur palsu sampaikan hari ini dipastikan hoax.

"Menurut saya itu hoax. Kondisi sekarang, ada orang yang karena isu yang sudah beredar jadi khawatir soal keaslian telur yang dibeli. Karena kekhawatiran itu, dari ciri-ciri yang diketahui dari hoax tadi jadi merasa telur yang dibelinya palsu. Padahal sampai sekarang belum ada kita temukan bukti nyata adanya telur palsu," jelasnya.

Untuk itu, masyarakat diminta jangan terpancing dengan isu tersebut, ia memastikan bahwa untuk saat ini tidak ada yang namanya telur palsu.

 "Lapisan seperti plastik itu lumrah ada pada bagian dalam cangkang telur. Sederhananya, kalau biasa makan telur rebus. tiap telur yang sudah kita rebus pasti ada lapisan kan kalau kita kupas," tambahnya.

"Kalau ada berita yang kita dak yakin kebenarannya, boleh diklarifikasi dulu kebenarannya. Jangan setiap berita itu langsung dibagikan ke lingkungan kita baik nyata maupun di media sosial. Apalagi berita-berita yang terkait dengan hajat hidup orang banyak yang potensi menimbulkan keresahan," tukasnya.

Selain itu, bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi atau membutuhkan informasi mengenai Obat dan Makanan bisa langsung ke Unit Layanan Pengaduan Konsumen Balai POM di Pangkalpinang di Kompleks Perkantoran Pemprov Kepulauan Bangka Belitung, Air Itam Pangkalpinang atau telpon ke 0717 434705 atau sms/wa di 0812-7929-9984 atau melalui medsos @bpom.pangkalpinang atau email ke bpompp@gmail.com. [Mg6]

Komentar Pembaca