Rakornas PPPA 2018 Di Babel Hasilkan Komitmen Wangka Beliton

Daerah  MINGGU, 04 MARET 2018 , 21:16:00 WIB

Rakornas PPPA 2018 Di Babel Hasilkan Komitmen Wangka Beliton

Foto/IST

RMOL. Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Pribudiarta Nur Sitepu, Jumat (2/3) malam resmi menutup seluruh rangkaian Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2018 yang diselenggarakan di Bangka Belitung (Babel).
Turut hadir dalam acara Penutupan Rakornas PPPA itu, Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah bersama Istri, Sekda Babel Yan Megawandi, Jajaran Kemen PPPA, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov), Kabupaten/Kota serta para peserta Rakornas.

Sesmen PPPA, Pribudiarta Nur Sitepu dalam sambutannya mengatakan, Rakornas PPPA Tahun 2018 di Babel ini, menghasilkan Komitmen Wangka Beliton. Komitmen ini dibuat untuk melanjutkan upaya pencapaian Komitmen Ternate Tahun 2017 lalu.

"Saya berharap kita semua memiliki semangat yang sama untuk menindaklanjuti dan mewujudkan Komitmen Wangka Beliton. Semangat untuk mempercepat penguatan kelembagaan, pengembangan inovasi untuk menghadirkan Negara di tengah masyarakat, mendaratkan kebijakan sampai pada tingkat desa, dan memperkuat sinergi/jejaring dengan lembaga masyarakat," ujarnya dilansir Humas Pemprov Babel.

Pusat, lanjut dia, berkomitmen untuk melakukan pendampingan kepada Provinsi, dan diharapkan Provinsi berkomitmen mendampingi Kabupaten/Kota sampai tingkat desa.

Pribudiarta menyebutkan, dalam Rakornas PPPA Tahun 2018 ini, disepakati hal-hal yang bersifat mengikat untuk mempercepat capaian tujuan pembangunan PPPA, yakni : 1) Mempercepat penguatan kelembagaan PPPA; 2) Meningkatkan pelayanan perlindungan perempuan dan anak melalui pengembangan inovasi berbasis kearifan lokal (Satu Dinas, Satu Inovasi); 3) Mendaratkan kebijakan PPPA pada tingkat desa melalui pemanfaatan peluang tata kelola pemerintahan otonomi desa; 4) Memperkuat jejaring dengan peningkatan mobilisasi potensi lembaga masyarakat dalam penanggulangan masalah PPPA sampai ke tataran akar rumput.

Pribudiarta menambahkan, apa yang disepakati dalam Rakornas PPPA ini, baru sebatas komitmen, memiliki makna luas, sedangkan penjabaran implementasinya akan dibahas lebih teknis dalam Rapat Koordinasi Teknis Bidang Kesetaraan Gender " Pemberdayaan Perempuan dan Rapat Koordinasi Teknis Bidang Perlindungan Anak.

Sementara itu, Sekda Babel mewakili Gubernur Babel Erzaldi Rosman dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PPPA dan semua peserta dari seluruh Indonesia yang hadir dan telah menyukseskan Rakornas ini. Harapan kehadiran dari para peserta ini, memberi barokah dan kemanfaatan khususnya bagi Babel.

Ada beberapa komitmen yang telah disepakati, dan hal ini, Sekda Babel berharap poin kesepakatan yang menjadi komitmen kuat dari para peserta dalam rangka Pembangunan PPPA serta  bersama -sama untuk mengawalnya, dan dilanjutkan di Provinsi atau Kabupaten/ Kota yang akan ditunjuk pada pelaksanaan Rakornas tahun kedepan.

Untuk melaksanakan komitmen ini, kata Yan, Pemprov Babel melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk akan menindaklanjutinya melalui berbagai Kegiatan, salah satunya adalah Program Maghrib Mengaji yang sedang digalakkan oleh Gubernur.

Dalam perlindungan Anak ini, tidak saja bagaimana caranya memproteksi Anak saja, melainkan juga mengembangkan kapasitas anak serta kegiatan lainnya mendukung PPPA. Kesepakatan bukan hanya untuk Dinas PPPA Babel saja, tetapi juga sinergitas lintas sektor yaitu seluruh OPD di lingkungan Pemprov Babel.

Pada kesempatan terpisah, Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah, dalam wawancara ke sejumlah awak media mengatakan, Pemprov Babel mendukung komitmen Rakornas PPPA 2018 ini, untuk diteruskan dalam berbagai bentuk aksi dan kegiatan Pembangunan PPPA yang berbasis Kearifan Lokal Babel yang saat ini sedang semangat- semangatnya digerakkan mulai dari awal seperti Program Kampung KB dan lainnya.

Sesuai juga dengan arahan Pemerintah Pusat yang saat ini tengah Proses adalah pembemtukan UPTD PPPA di 7 Kabupaten/Kota,” imbuh.

Dalam acara penutupan Rakornas ini, juga ditampilkan kesenian Daerah Babel yang salah satunya adalah penampilan Tari Dincak Babel, yang menggambarkan keceriaan Pemuda Pemudi Babel. Dalam Tari ini, melibatkan para tamu undangan untuk ikut menari. [ana]

Komentar Pembaca