LSM Peduli Pembangunan Edukasi Pemuda Pangkal Arang Untuk Cinta Masjid, Agama, Dan Negara

Gelar Road Show Pelatihan Pemuda Pelopor di 5 Provinsi

Advertorial  MINGGU, 03 DESEMBER 2017 , 17:47:00 WIB

LSM Peduli Pembangunan Edukasi Pemuda Pangkal Arang Untuk Cinta Masjid, Agama, Dan Negara
RMOL.LSM Peduli Pembangunan berkerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar pelatihan Pemuda Pelopor dengan mengangkat tema "Sinergitas Dualisme Dalam Bernegara, Berbangsa dan Beragama" di Masjid Baitul Amin Pangkal Arang, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (3/11).
Sebanyak 100 lebih peserta dari pemuda-pemudi Pangkal Arang usia 16-30 tahun yang tergabung di Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Baitul Amin dan Karang Taruna Pangkal Arang hadir mengikuti kegiatan tersebut.

Program Pemuda Pelopor ini merupakan program pusat dari Kemenpora RI yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Dan khusus untuk di Sumatera bagian Selatan yang terdiri dari lima provinsi, yakni Lampung, Sumsel, Jambi, Bengkulu, dan Babel. Panitia pelaksana program ini dipercayakan kepada LSM Peduli Pembangunan. Adapun Masjid Baitul Amin merupakan masjid pertama dari lima masjid terpilih di Babel yang digelar acara pelatihan Pemuda Pelopor.

"Ini adalah program Kemenpora RI, kami (LSM Peduli Pembangunan-red) sebagai perpanjangan tangan. Program ini dilaksanakan di seluruh Indonesia. Kami dapat jatah di wilayah Sumatera bagian Selatan. Masing-masing Provinsi mendapatkan jatah 5 masjid. Masjid Baitul Amin menjadi salah satu dari masjid yang dipilih. Dan Masjid Baitul Amin menjadi masjid pertama di Babel yang digelar pelatihan Pemuda Pelopor,"jelas
Ketua Panitia Pelaksana Muharam Hidayat kepada RMOL Babel, Minggu (3/11) di Masjid Baitul Amin.

Selain itu pelatihan Pemuda Pelopor ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada para pemuda agar lebih mencintai masjid, agama, dan negara serta memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

"Kegiatan ini kami selenggarakan untuk memberikan edukasi kepada pemuda agar cinta masjid, agama dan negara. Besar harapan kami peserta betul betul menjadi Pemuda Pelopor yang memberikan warna di lingkungan masyarakat,"harapnya.

Menurut Muharam, Indonesia saat ini sedang diterpa berbagai isu yang berpotensi memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sehingga peran para pemuda sangat dibutuhkan. Dan  antara agama dan negara merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan.

"Kita terpecah-pecah. Di mana peran kita (pemuda)? Maka dari itu kami memberikan materi tentang Islam Rohmatan Lil Alamin yang diisi oleh Ustadz Ahmad Lutfi Sekretaris MUI Babel, dan materi 4 pilar kebangsaan dari Ustadz Mahmud Alhanif. Agama dan negara tidak dapat dipisahkan,"tuturnya.



Sedangkan Pengurus Masjid Baitul Amin H Aswandi dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih kepada LSM Peduli Pembangunan yang telah mempercayakan Masjid Baitul Amin sebagai masjid pertama digelarnya pelatihan Pemuda Pelopor di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kami bangga sekali untuk kegiatan ini, karena setiap provinsi hanya mendapatkan jatah lima masjid. Untuk di Bangka Belitung, Masjid Baitul Amin yang dipilih, padahal banyak masjid lain yang lebih terkenal, tapi Masjid Baitul Amin yang dipilih,"ungkap H Aswan.

H Aswan pun berharap dengan adanya kegiatan ini, para peserta dapat menjadi Pemuda Pelopor yang bermanfaat bagi pemuda lainnya. "Mudah-mudahan satu orang pemuda bisa bermanfaat untuk 10 pemuda yang lainnya," harapnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Babin Kamtibmas, Camat Pangkal Balam, Lurah Ketapang, Ketua RT/RW setempat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, dan Pengurus Masjid Baitul Amin.

Setelah pelatihan Pemuda Pelopor digelar di Masjid Baitul Amin. Rencananya LSM Peduli Pembangunan akan kembali menggelar acara yang sama di empat masjid lain di Babel, yakni Masjid At-Taqwa, Masjid Baiturrahman, Masjid Abdul Roqib, dan Masjid Raya Tua Tunu.[Mg6/adv]

Komentar Pembaca