Top! 188 Turis Malaysia Segera Mendarat Ke Belitung

Nusantara  SABTU, 02 SEPTEMBER 2017 , 09:41:00 WIB

Top! 188 Turis Malaysia Segera Mendarat Ke Belitung

Net

RMOL.Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, 10 September 2017 mendatang Bandara Internasional Hanandjoedin akan dikunjungi 188 turis Malaysia.
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Ir. Hermanto mengaku senang lantaran Hanandjoedin mulai dilirik wisatawan mancanegara.

"Akhirnya pecah telur juga. Ini akan jadi pendaratan perdana internasional setelah bandara dinaikkan statusnya menjad bandara internasional. Wisman-wisman itu akan menggunakan Maskapai Sriwijaya yang merupakan flight. Mereka membawa 188 wisatawan asal Malaysia dan dijadwalkan mendarat sekitar pukul 10.00 pagi,"kata Hermanto, Jumat (1/9).

Hermanto menambahkan, pesawat yang membawa wisatawan tersebut terbang langsung dari Kuala Lumpur selama 1.5 jam.

"Mereka rencananya akan disambut di bandara oleh dua Bupati sekaligus, Bupati Belitung H Sahani Saleh dan Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza. Dua-duanya hadir di acara welcome dance dan kemudian pengalungan selendang dan souvenir kepada pimpinan rombongan turis nanti,” lanjutnya.

Usai penyambutan, rombongan turis yang sebagai besar pengusaha ini akan langsung dibawa ke Belitung Timur.

"Di sana akan mendengar paparan Bupati Belitung Timur dan jajarannya terkait pariwisata dan peluang investasi di Belitung Timur yang akan diakhiri dengan acara santap siang bersama," ujarnya.


Dari Belitung Timur, rombongan turis akan dibawa ke Kabupaten Belitung. Materi yang dihadirkan sama. Semua diajak mendengarkan dan berdiskusi terkait pariwisata dan peluang investasinya.

"Usai paparan, rombongan diajak melakukan site visit ke Tanjung Kelayang, daerah yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata sebgai 10 Top Destinasi pariwisata. Para pengusaha ini akan diberikan paparan di lokasi terkait pengembangan pariwisata di daerah unggulan ini yang bisa dijajarkan Phuket Thailand atau Langkawi Malaysia ini," urainya.

Dengan hadirnya charter flight perdana ini, Hermanto berharap bisa menjadi motivasi maskapai penerbangan untuk segera membuka rute reguler internasional ke Bandara Hanandjoedin. Selama ini, Hanandjoedin baru melayani rute domestik yakni Belitung " Pangkal Pinang, Belitung - Palembang dan Belitung " Jakarta.

Hadirnya penerbangan Internasional di Belitung ini membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya sumtingah. Setelah koneksi internasional terbuka, Belitung diyakini bakal lebih dikenal dunia.

"Apresiasi buat Sriwijaya Air. Upgrade Bandara Belitung menjadi bendara internasiona sudah kami lakukan bersama kementerian Perhubungan akhir Desember 2016 yang lalu. Harapannya, setelah ini maskapai lain bisa segera ikut membuka rute regulernya,"harap Menpar Arief Yahya seperti dilansir jpnn.com.

Naiknya status bandara menjadi bandara Internasonal dinilai menjadi kunci atau critical success factor percepatan pengembangan pariwisata di Belitung.

"Selain bandara, masih ada lagi dermaga titik labuh untuk cruise (kapal pesiar) yang bisa mengangkut 3.000 turis dan juga marina untuk parkir yacht (perahu pesiar) yang akan segera dibangun juga,” ungkap Arief Yahya.

PR selanjutnya adalah membuka akses ke originasi tebal” dan memiliki daya beli tinggi seperti Tiongkok, Hongkong, Macau, Taiwan, Korea, Jepang, Singapore serta Malaysia.

"Tourism itu model bisnisnya mirip dengan telecommunication. Kedekatan atau proximity itu menjadi sangat penting, baik geografis maupun cultural,. Kalau digarap bagus, Belitung akan makin dikenal dunia,” tandasnya.[ahd]

Komentar Pembaca