Polsek Taman Sari Gencar Sosialisasikan Himbauan Pencegahan Penyebaran Virus Corona

Daerah  KAMIS, 26 MARET 2020 , 12:46:00 WIB

Polsek Taman Sari Gencar Sosialisasikan Himbauan Pencegahan Penyebaran Virus Corona

RMOLBABEL

RMOL. Dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran corona virus desease (Covid 19), Kepolisian Sektor (Polsek) Taman Sari gencar melakukan himbauan/sosialisasi kepada warga.
Kepala Polsek Taman Sari, AKP. Teguh Setiawan, SH.SIK mengungkapkan hal ini merupakan maklumat langsung dari Kapolri. Dalam giat tersebut pihak Polsek Taman Sari berkolabirasi dengan pihak terkait seperti Koramil, Puskesmas dan Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang.

Tekait dengan itu, Dijelaskan Teguh dalam himbauan tersebut dilakukan dengan cara persuasif, yakni mendatangai langsung tempat-tempat keramaian/tempat berkumpulnya warga seperti pasar, warung kopi/cafe serta melakukan patroli keliling di wilayah hukum (wilkum) Taman Sari dengan mengunakan pengeras suara.

Adapun isi dari maklumat Kapolri tersebut, diantaranya;

1. Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam  jumlah banyak, baik ditempat umum maupun di lingkungan sendiri, yaitu:

a. Pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, dan kegiatan lainnya yang sejenis.

b. Kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran dan resepsi keluarga.

c. Kegiatan olah raga, kesenian dan jasa hiburan.

d. Unjuk rasa, pawai dan karnaval, serta

e. Kegiatan lainnya yang sifatnya berkumpulnya massa.

2. Tetap tenang dan tidak panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dengan selalu mengikuti informasi dan himbauan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

3. Apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari, kegiatan yang melibatkan banyak orang dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

4. Tidak melakukan pembelian dan/atau menimbun kebutuhan bahan pokok maupun kebutuhan masyarakat lainnya secara berlebihan.

5. Tidak terpengaruh dan menyebarkan berita-berita dengan sumber tidak jelas yang dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

6. Apabila ada informasi yang tidak jelas sumbernya dapat menghubungi kepolisian setempat.

"Apabila di temukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan sesaui dengan peraturan perundang-undagan," tukas Teguh.

Sementara Kepala Puskemas Taman Sari, dr. Della Rianadita menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan, terutama dalam pencegahan penyebaran virus ini minimal dengan mencuci tangan mengunakan air mengalir dan sabun selama 20 detik. [ina]

Komentar Pembaca