PWNU Babel Meminta Segera Patenkan 'Nganggung' Menjadi Warisan Budaya Babel

Daerah  KAMIS, 27 FEBRUARI 2020 , 21:46:00 WIB

PWNU Babel Meminta Segera Patenkan 'Nganggung' Menjadi Warisan Budaya Babel

Foto/RMOLBABEL

RMOL. Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Babel meminta 'Nganggung' untuk segera dipatenkan menjadi Warisan Budaya Bangka Belitung.
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua PWNU Babel Ustadz Ja'far Shidiq dihadapan Wapres KH. Ma'ruf Amin dan Gubernur Erzaldi usai acara 'Nganggung Kubroh' bertempat di Pondok Pesantren Hidayatussalikin Pangkalpinang, Kamis (27/2/2020).

Dirinya menilai bahwa Nganggung bukan hanya sekedar tradisi saja, tapi juga bagian dari pemersatu umat.

"ini bagian dari silatu'arham/silaturahmi, sehingga sesama antar anak bangsa, saling berkumpul walaupun medianya dengan Nganggung, kemudian makan-makan, ketika duduk, kita tidak melihat dari kasta mana, dari suku mana serta bahasanya bahkan dari daerah mana, barang siapa yang sudah masuk ke Bangka ketika sudah duduk bersama, kita makan bersama," kata Ustadz Ja'far Shidiq.

Selain itu, Ustadz Ja'far Shidiq juga mengatakan bahwa tradisi Nganggung ini memang sudah ada turun-temurun sejak dari dulu, maka dari itu dirinya bersama PWNU Babel mendorong agar segera bisa dipatenkan.

"PWNU hanya mendorong saja, jangan sampai tradisi ini diakuisisi oleh negara lain, menjadi tradisi negara lain, padahal ini sudah turun menurun di Bangka Belitung, saya berharap Nganggung ini terus berjalan, dan digalakan oleh masyarakat, ini bagian dari perantara untuk mempersatukan anak bangsa," demikian Ustadz Ja'far Shidiq. [pri]


Komentar Pembaca