Selain Daerah Rawan Narkoba, Tongkrongan Miras Dan Kost-Kostan Tak Jelas Dominasi Opas Indah

Daerah  KAMIS, 20 FEBRUARI 2020 , 13:00:00 WIB

Selain Daerah Rawan Narkoba, Tongkrongan Miras Dan Kost-Kostan Tak Jelas Dominasi Opas Indah
RMOL. Kelurahan Opas Indah mengadakan dialog dan tatap muka dengan Satbinmas Polres Pangkalpinang dan BNN Kota Pangkalpinang, Kamis (20/2/2020).
Dalam hal tersebut, Lurah Opas Indah, Juni mengatakan bahwa giat tatap muka itu guna mendiskusikan masalah krusial yang ada di Opas Indah khususnya terkait masalah tambang ilegal dan peredaran gelap narkoba.  

"Kami harap tumbuhnya kesadaran dari semua lini baik dari pihak kelurahan itu sendiri maupun  perangkat RT/RW setempat. Terlebih sebelumnya diberitakan bahwa pihak BNN mengatakan Kelurahan Opas Indah merupakan salah satu daerah rawan perederan gelap narkoba, ditambah terdapat 6 dari 10 orang juru parkir yang digelandang pihak berwajib positif narkoba yang merupakan warga Opas Indah," ujar Juni.

Kepala BNN Kota Pangkalpinang, Ichlas Gunawan dalam hal ini mengatakan selain narkoba, miras juga termasuk salah satu penyakit masyarakat yang hampir terdapat disemua daerah tanpa terkecuali termasuk di Kelurahan Opas Indah itu sendiri.

"Jangan risih terhadap dua penyakit masyarakat ini, dan ini fakta adanya. Hanya saja disini dibutuhkan kepedulian dan kesadaran dari semua pihak mengenai hal tersebut termasuk pihak kecamatan, kelurahan bahkan perangkat RT/RW serta masyarakat setempat.

Baginya, jika tumbuhnya kedasaran dan dukungan dari semua lini maka hal ini tidak akan meluas. Pasalnya Kota Pangkalpinang sebagai ibu kota provinsi mau tidak mau menjadi jalur masuknya peredaran gelap narkoba.

"Untuk Kelurahan Opas indah sendiri saat ini jika dikategorikan sudah masuk pada zona kuning kemerahan artinya harus adanya kewaspadaan ektra, jangan sampai lengah. Jika lengah tinggal menunggu waktu nya untuk meledak," ujar Ichlas.

Senada, pengakuan seorang warga RT/02 Kelurahan Opas Indah saat tanya jawab membenarkan bahwa terdapat banyak kost-kostan yang tidak jelas, dalam artian tidak pernah melakukan koordinasi terhadap pihak terkait baik kemasyarakat setempat maupun pihak RT/RW nya.

Tidak hanya itu, banyak juga terdapat tempat-tempat pertemuan yang tidak bermanfaat/berfaedah yang banyak menimbulkan mudorat.

"Banyak kita jumpai disekitar wilayah Opas Indah terdapat kost-kost yang tidak jelas terlebih banyak tempat ajang tongkrongan orang minum-minuman keras/arak," tuturnya. [Ina]


Komentar Pembaca