Baru Dilaunching Walikota, Satberibu Langsung Eksekusi 12 Titik Rawan Sampah Di Pangkalpinang

Daerah  SABTU, 01 FEBRUARI 2020 , 17:19:00 WIB

Baru Dilaunching Walikota, Satberibu Langsung Eksekusi 12 Titik Rawan Sampah Di Pangkalpinang
RMOL. Baru saja di launching Walikota Pangkalpinang, Satgas Bersih Bagus Sungai Ku (Satberibu) langsung eksekusi titik rawan sampah.
Dalam hal tersebut, Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang, Izwarhadi menemukan 12 wilayah titik rawan sampah yang ada di Kota Pangkalpinang yang notebane nya sebagian merupakan wilayah rawan banjir.  

"Ada sebanyak 12 titik rawan sampah, hanya saja semua tidak terfokus disatu titik, dalam artian ada lokasi pembuangan sampahnya berdekatan," jelasnya, Sabtu (1/2/2020).

Adapun diakuinya, dari 12 wilayah titik rawan tersebut diantaranya wilayah kolong retensi 1 dan 2, Nngka 1 dan 2, Pintu Air, Rangkui, Kampung Bintang, Pasir Putih, Sungai Akit dan Kolong Kepuh, Teluk Bayur, Jembatan Emas serta Ketapang dan sekitarnya.

Dari hasil eksekusi titik rawan sampah tersebut ditemukan berbagai persolan yang dapat menyebabkan banjir seperti pendangkalan selokan-selokan yang disebakan oleh sendimen tanah dan lumpur, banyak nya sampah yang tersumbat di selokan serta adanya plat dekker yang tidak berfungsinya sebagimana mestinya.

Terkait hal itu, Izwarhadi menyayangkan sikap koorperatif masyarakat yang masih rendah untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dirinya menilai tingkat kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya sangat rendah."Baru sekitar 40 persen tingkat kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sedangkan baru 20 persen orang yang tidak membuang sampah di laut," urainya.

Kendati demikian, guna menyikapi hal tersebut pihak BPBD Pangkalpinang akan melakukan gotong toyong akbar yang akan berkolaborasi dengan pihak OPD terkait serta Satgas Smile PGK. [ina]


Komentar Pembaca