Cegah Banjir, Walikota Pangkalpinang Launching Satberibu

Daerah  SABTU, 01 FEBRUARI 2020 , 12:16:00 WIB

Cegah Banjir, Walikota Pangkalpinang Launching Satberibu
RMOL. Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil launching Satgas Bersih Bagus Sungai Ku (Satberibu) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang, Sabtu (1/2/2020), bertempat di halaman kantor BPBD Kota Pangkalpinang.
Dirinya mengungkapkan, dimana tugas pokok Satberibu ini untuk memantau sungai-sungai yang ada di Pangkalpinang yang sering dimanfaatkan warga untuk membuang sampah.

"Dengan berkolaborasi dengan Satgas Smile Kelurahan, Satberibu ini intens dalam memantau sungai-sungai yang ada di Kota Pangkalpinang agar tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan," jelasnya pria akrab di sapa Molen itu.

Senada, Kepala BPBD Kota Pangkalpinang, Izwarhadi mengatakan dibentunya Satberibu ini juga sebagai intelijen pertama pengganti warning sistem, dalam artian juga bertugas memantau debit air laut saat musim penghujan dan ketika air laut pasang.

"Begitu air naik, mereka yang pertama kali mengabarkan hal tersebut, sehingga informasi yang di dapat cepat dan akurat. Jadi kita tidak harus menunggu laporan dari warga, melainkan laporan tersebut langsung dari personel kita yang standby di lapangan," ungkapnya.

Dalam waktu dekat, BPBD Kota Pangkalpinang akan memenuhi infrastruktur dasar sebagai petunjuk/pendukung seperti garis meter level air."Selama ini tidak ada garis level air ketika air pasang dan ketika ujan, sehingga kita tidak mengatui sebagaimana tingkat air, apakah masuk status aman, siaga, waspada atau darurat," tutup Izwarhadi. [ina]


Komentar Pembaca