KPAD Babel Apresiasi APH Kabupaten Bangka

Daerah  KAMIS, 16 JANUARI 2020 , 00:20:00 WIB

KPAD Babel Apresiasi APH Kabupaten Bangka
RMOL. Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Bangka Belitung (Babel) sambangi kantor Mapolres Bangka, Kabupaten Bangka, Rabu (15/1/2019).
Didampingi komisioner pendidikan Tri Murtini S.Pd bersama komisioner pengasuhan keluarga, Nova Irawaty,S.Psi, ketua KPAD Babel, Sapta Qodria Muafi, SH mengungakapkan hal ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada Aparat Penegak Hukum (APH) Kapolres Bangka dan jajaran, Kepala Kejaksaan Negeri Sungailiat berserta jajaran dan Ketua Pengadilan Negeri Sungailiat dengan jajaran nya.

Terkait hal itu, Sapta menyampaikan bahwa apresiasi ini terkait sinergitas APH dalam menyelesaikan perkara kekerasan seksual yang mana putusun maksimal yaitu 15 tahun penjara dimana korban tersebut anak dibawah umur 9 tahun dan pelakunya orang dewasa.

"Korban yang masih berstatus sekolah merupakan korban kejahatan sodomi dan pihak kepolisian khusus nya Polsek Sungailiat dalam waktu 7 jam pelaku dapat tertangkap dengan modal CCTV tak jauh dari kejadian dan kemudian pihak Kejaksaan Negeri Sungailiat menuntut maksimal. Ini merupakan suatu usaha kinerja APH yang patut di apresiasikan hingga adanya ketakutan atau efek jera bagi pelaku-pelaku kejahatan seksual," tegas Sapta.

Sementara itu, Humas Pengadalian Negeri Sungailiat, Narendra Mohni yang langsung menangani perkara tersebut menerangkan Ketua Pengadilan Negeri Sungailiat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penghargaan yang diterima dari KPAD Babel ini.

Pengadilan Negeri Sungailiat dalam penanganan terhadap perkara kekerasan terhadap anak   selama ini selalu menitikberatkan kepentingan terbaik bagi anak. Sehingga diharapkan dari putusan-putusan khususnya terhadap perkara-perkara perlindungan anak yang telah diputus di Pengadilan Negeri Sungailiat diharap tidak hanya bertujuan untuk memberikan efek jera pada pelakunya, namun juga dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat agar tidak melakukan seperti yang dilakukan oleh pelaku.

"Kami berharap agar hubungan KPAD Babel dengan Pengadilan Negeri Sungailiat lebih meningkat lagi sinergitasnya," ujar Narendra Mohni.

Selanjutnya Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono, memberikan apresiasi terhadap KPAD Provinsi Bangka Belitung atas piagam penghargaan yang diberikan dalam pengungkapan kasus-kasus kekerasan terhadap anak.

"Penghargaan ini menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan profesionalitas dalam penanganan kasus anak serta pola pencegahannya bersinergi dengan KPAD Babel dan element masyrakat," timpal Aris. [ina]


Komentar Pembaca