Gelar Operasi Yustisi

Petugas Gabungan Satpol PP Sisir Pasar Muntok dan Ciduk 5 Warga

Daerah  RABU, 11 DESEMBER 2019 , 21:52:00 WIB

Petugas Gabungan Satpol PP Sisir Pasar Muntok dan Ciduk 5 Warga

Razia Pol PP/Ist

RMOLBabel. Petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka Barat (Babar) bersama penyidik kepolisian, pengadilan negeri, kejaksaan negeri, camat dan sekcam Muntok serta Lurah Tanjung menjaring lima warga dalam operasi yustisi yang digelar di area pasar Muntok, Rabu (11/12).
Kelima warga yang diketahui merupakan pedagang dan pemilik toko tersebut melanggar Perda ketertiban umum (Tibum) No. 7 tahun 2015 tentang pemanfaatan jalan umum dan perlengkapannya sebagaimana termaktub pada pasal 8 huruf a.

Kasat Pol PP dan Penanggulangan Bencana Babar, Sidarta Gautama, menjelaskan operasi yustisi sidang di tempat bagi warga yang melanggar ini untuk menjalani sidang tindak pidana ringan (tipiring) sesuai pelanggaran Perda yang dilakukan yang langsung ditangani penyidik Polres dan Kejari Babar untuk selanjutnya berkas tuntutan diserahkan ke PN Muntok.

"Giat ini akan terus dilaksanakan untuk menjamin pelaksanaan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat karena jalan beserta perlengkapannya dilarang menjadi tempat berdagang dan atau aktivitas-aktivitas lainnya yang bukan peruntukannya sebagai jalan umum," jelas Darta.

Menurut Darta, giat ini juga bisa dapat terlaksana berkat kerja sama dan sinergisitas yang terjalin baik antara semua stakeholder terkait baik itu Polres, Kejari Babar dan juga PN Muntok.

"Untuk itu Kasat Pol PP dan PB Babar mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan aman dan lancar. Semoga Babar khususnya Muntok sbg ibu kota kabupaten Bangka Barat ke depan akan lebih tertib, aman dan kondusif," tandasnya.

Lebih jauh Darta merinci, kelima warga yang diciduk dalam operasi yustisi ini yakni pedagang buah depan Masji Jamik, toko kue samping xerox, pengurus kopi tiam, toko nasional dan pedagang sayur samping nasional.

Darta juga tak menampik bahwa operasi ini dapat berjalan lancar karena sinergi yang terbangun harmonis berkat koordinasi dan sinergisitas pemda dlm hal ini Bupati bersama Forkopimda di Babar.

"Baru di jaman kepemimpinan pak Bupati Markus, giat yustisi ini bisa terlaksana dengan baik," pungkasnya. [SHL]

Komentar Pembaca