Sistem Pencegahan Korupsi Babar Salah Satu Terbaik di Babel

Markus Diundang Hadiri Hakordia di KPK

Daerah  SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 05:07:00 WIB

Sistem Pencegahan Korupsi Babar Salah Satu Terbaik di Babel

RMOL Babel

RMOLBabel. Bupati Bangka Barat, Markus SH, mendapat kehormatan menghadiri acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) tingkat nasional yang dipusatkan di gedung merah putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kuningan Jakarta Selatan, Senin 9 Desember 2019.
Bupati Markus diundang langsung KPK dalam acara tersebut karena Bangka Barat yang dipimpinnya menjadi satu dari tiga kabupaten di Provinsi Bangka Belitung terbaik dalam upaya pencegahan korupsi oleh KPK, Kemendagri dan instansi terkait lainnya pada 2019 ini.

Selain Bupati Markus, sejumlah kepala daerah se-Indonesia, jajaran menteri, dan kepala instansi lembaga terkait juga hadir dalam acara tersebut.

Acara juga dihadiri calon pimpinan KPK terpilih Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Firli Bahuri.

Selain itu juga ada Ketua KPK Agus Rahardjo bersama Wakil Ketua KPK lainnya diantaranya Laode M Syarif dan Saut Situmorang.

Staf Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan (Korsupgah) KPK, Ardiansyah menjelaskan, Kabupaten Bangka Barat diundang ke KPK karena menjadi daerah dengan upaya-upaya pencegahan korupsi terbaik di Babel.

"Upaya pencegahan ini sebetulnya dilaksanakan seluruh Pemda di Indonesia yang mencakup 8 area intervensi yakni perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, kapibilitas APIP, manajemen ASN, dana desa, optimalisasi pendapatan daerah, serta manajemen aset. Dari 8 area itu, ada 3 kabupaten di Babel yang tertinggi dan itulah yang kita undang," beber Ardiansyah.

Bupati Markus menyampaikan terima kasih atas undangan KPK sembari menyebut, apresiasi tersebut merupakan buah kerja keras yang dilakukan bersama instansi terkait di lingkungan Pemkab Bangka Barat.

"Kita akan terus berupaya meningkatkan pencegahan korupsi ini. Meskipun kita menjadi salah satu kabupaten terbaik di Babel," katanya di Jakarta, Senin siang.

Ke depan, jelas politisi PDI Perjuangan ini, pihaknya akan terus memperkuat APIP dan koordinasi antar dinas agar upaya pencegahan korupsi menjadi sebuah gerakan bersama di Bangka Barat. [SHL]

Komentar Pembaca