KASN: Yunan Ditempatkan ke JPT Pratama Lain Bukan Dilantik Ulang Jadi Sekda

Daerah  RABU, 04 DESEMBER 2019 , 09:07:00 WIB

KASN: Yunan Ditempatkan ke JPT Pratama Lain Bukan Dilantik Ulang Jadi Sekda

Markus SH

RMOLBabel. Rekomendasi atas pengaduan dugaan pelanggaran terkait pembebasan jabatan mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat Yunan Helmi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), akhirnya keluar.
Dalam surat bernomor B-3882/KASN/11/2019 tertanggal 14 November 2019 yang ditandatangani Wakil Ketua KASN, Tasdik Kinanto, KASN memutuskan merekomendasikan Bupati Bangka Barat Markus selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) agar menempatkan dan mengangkat Yunan Helmi ke Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama lainnya.

Menanggapi rekomendasi KASN, Bupati Bangka Barat Markus selaku Pejabat Pembina Kepegawaian mengaku sudah menerima surat dari KASN tersebut.

"Saya sudah menerima surat, dan hasilnya rekomendasi yang dikeluarkan KASN tidak jauh berbeda dengan hasil rapat bersama Kemendagri, BKN dan KASN tanggal 18 Oktober lalu. Terkait rekomendasi yang menempatkan yang bersangkutan ke JPT pratama lainnya, sebelumnya saya juga sudah menawarkan tapi yang bersangkutan menolak. Kan tidak mungkin kita paksakan," tegas politisi PDI Perjuangan itu, Selasa (3/12).

Lebih lanjut Markus membeberkan, penempatan Yunan Helmi ke JPT ini bisa staf ahli, bisa kepala dinas dan juga bisa asisten.

"Ingat, rekomendasinya ditempatkan ke JPT, bukan dilantik kembali menjadi Sekda. Artinya apa yang kita lakukan memang sudah sesuai dengan rekomendasi KASN," tegasnya.

Terpisah, Yunan Helmi dalam konferensi pers terkait keluarnya rekomendasi ini menyampaikan, berdasarkan analisis dokumen dan klarifikasi kepada pihak terkait, KASN menyimpulkan pembebasan  jabatan dirinya secara prosedur tidak terpenuhi dari sisi ketentuan peraturan perundang undangan.

"Mempertimbangkan hal itu, maka KSN merekomendasikan kepada Bupati Markus agar menempatkan kembali saya ke Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama," beber Yunan. [Pet]


Komentar Pembaca