BNPB Dorong Daerah Untuk Mengurangi Penggunaan Plastik

Daerah  MINGGU, 24 NOVEMBER 2019 , 15:17:00 WIB

BNPB Dorong Daerah Untuk Mengurangi Penggunaan Plastik
RMOL. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dorong setiap daerah yang ada di Indonesia untuk mengurangi penggunaan plastik. Dit Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Pangarso Suryatomo mangatakan hal ini wajib untuk diperangi supaya generasi yang lahir dimasa yang akan datang semakin sehat.
"Bagaimana mau menciptakan SDM yang unggul sesuai dengan visi Presiden jika kesehatan lingkungannya terutama plastik mengakibtakan generasi yang tidak sehat," tuturnya, Minggu (24/11/2019).  

Dirinya mengakui sudah ada beberepa daerah di Indonesia yang sudah terkontaminasi dengan sampah plastik dimana lingkungan, makanannya sudah mengandung racun yang disebabkan oleh limbah plastik.

Dari itu, harapan kami (BNPB) terhadap kawan-kawan BPBD di setiap daerah untuk dapat mengurangi penggunaan segala jenis yang berbahan plastik. Pria akrab disapa Papang itu menghimbau untuk mengurangai pengguanaan pelatik."Kita bisa menolak penggunaan plastik dengan tidak memakai plastik pada saat belanja di pusat perbelanjaan. intinya paling tidak kita menekankan diri kita sendiri dan keluarga kita untuk tidak menggunakan plastik," himbaunya.

"Ada komunitas kita di Bali yang sudah mengelolah plastik untuk dijadikan berbagai macam olahan salah satu merubah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti bensin dan solar. Hal ini sangat baik, bisa membantu usaha yang memakai BMM terutama nelayan," tukasnya. [ina]  


Komentar Pembaca