BPBD Dan Basarnas Luncurkan Kentongan Sebagai Alat Tanda Kesiapsiagaan Bencana

Daerah  MINGGU, 24 NOVEMBER 2019 , 13:27:00 WIB

BPBD Dan Basarnas Luncurkan Kentongan Sebagai Alat  Tanda Kesiapsiagaan Bencana
RMOL. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung (Babel) dan Basarnas kenalkan kentongan sebagai tanda kesiapsiagaan saat bencana di Babel.
Hal tersebut dikatakan Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa disela-sela kegiatan latihan bersama komunitas yang diselenggarakan BPBD Babel dan Basarnas di Balitong Resort Pantai Pasir Padi, Minggu (24/11/2019).

Mikron mengatakan penanggulangan bencana baik bencana alam, bencana sosial dan bencana non alam dapat dilakukan secara paripurna dan sebagai salah satu kearifan lokal seperti kentongan ini.

Yang mana nanti, dijelaskan Mikron pada saat simulasi atau tanda kesiapsiagaan kita menggunakan kentongan. selain salah satu dari kearifan lokal, hal ini juga salah satu antisipasi apabila listrik mati.

"Karena pada saat bencana keadaan listrik pasti padam, jadi kentongan dengan menggunakan alat apa saja yang menghasilkan bunyi seperti bambu, panci atau tiang listrik yang akan menjadi tanda kesiapsiagaan dan itu yang akan kita simbolkan dalam kegiatan ini," terangnya. [ina] 

Komentar Pembaca