Bupati Markus dan Forkopimda Babar Hadiri Rakornas Indonesia Maju

Daerah  RABU, 13 NOVEMBER 2019 , 16:05:00 WIB

Bupati Markus dan Forkopimda Babar Hadiri Rakornas Indonesia Maju

Markus dan Forkopimda Babar/Ist

RMOLBabel. Bupati Bangka Barat (Babar) Markus SH bersama pimpinan Forkopimda Babar terdiri dari Dandim 0431 Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa S. Sos, Kapolres AKBP M. Adenan, Kajari Helena Octavianne SH., MH menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) di Sentul International Convention Center, Bogor, Rabu (13/11).
Rakornas tersebut merupakan upaya menyelaraskan lima visi Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin.

Dalam rakornas yang dihadiri lebih dari 2.900 kepala daerah dan unsur Forkopimda seluruh Indonesia tersebut, Jokowi menyampaikan dua agenda besar terkait pembangunan nasional. Pertama, penciptaan lapangan kerja. Kedua, pembangunan investasi.

Jokowi bilang, investasi harus mengarah pada penciptaan lapangan kerja. Iklim investasi harus segera diperbaiki melalui pelayanan, seperti perizinan yang mudah dan cepat, kepastian hukum, jaminan akan rasa aman dan nyaman berinvestasi.

Pertama, yang berkaitan dengan cipta lapangan kerja. Semua sekarang harus mengarah ke sana, penciptaan lapangan kerja. Jadi, kalau ada investasi yang mengarah ke sana semuanya harus mendukung,” tegasnya.

Artinya, iklim invetasi itu harus betul-betul diperbaiki. Kalau ada investor layani dengan baik dan cepat. Jangan sampai ada investor yang datang tidak jadi realisasi investasi, karena tidak dilaksanakan dengan baik perizinannya,” tambahnya.

Agenda kedua, Jokowi meminta agar realisasi investasi bisa mengikutsertakan UMKM dan pengusaha daerah atau lokal. Dia pun akan menegur langsung pihak terkait apabila investasi tidak mengikutsertakan pengusaha kecil dan lokal.

Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian, menyampaikan, selain dua agenda besar pembangunan nasional tersebut, agenda lain yang termaktub dalam visi pemerintah saat ini yaitu pembangunan sumber daya manusia, melanjutkan pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Kita harapkan adanya sinergi antara pusat dan daerah, kesamaan visi untuk membangun Indonesia maju,” kata Tito. [Fth]


Komentar Pembaca