Hadapi Krisis Air Bersih, BPBD Babel Akan Ubah Air Hujan Jadi Bahan Baku Air

Daerah  SELASA, 22 OKTOBER 2019 , 17:39:00 WIB

Hadapi Krisis Air Bersih, BPBD Babel Akan Ubah Air Hujan Jadi Bahan Baku Air

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Babel, Aswind

RMOL. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan melakukan terobosan pemanfaatan air hujan sebagai sumber air baku cadangan/air berih menghadapi musim kemarau.
Keseriusan itu akan di tuangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Sekolah Air Hujan 'Banyu Bening' Yogyakarta. Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Babel, Aswind mengungkapkan hal ini dianggap penting, pasalnya mengingat beberapa tahun terakhir Provinsi Bangka Belitung mengalami krisis air bersih setiap menghadapi musim kemarau tiba.

Aswind mengungkapkannnya, selama ini solusi menghadapi krisis air bersih khusunya di Babel sudah di jalankan. Hanya saja, hal tersebut hanya bersifat sementara terlebih tidak mendidik masyarakat untuk mandiri dalam pengelolaan air bersih.

"Selama ini, air hujan hanya terbuang percuma dan tidak termanfaatkan sama sekali sebagai bahan baku air cadangan ketika menghadapi musim kemarau," ungkapnya, Selasa (22/10/2019) di ruang kerjanya.

Terkait itu, Aswin menegaskan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pengelola Sekolah Air Hujan 'Banyu Bening' yang ada di Yogyakarta dalam rencana mengikuti beberapa kegiatan undnagan yang akan di laksanakan oleh Sekolah Air Hujan 'Banyu Bening' yang berkaitan dengan pengelolaan dan pemanfaatan air hujan tersebut.

"Kami akan mengirimkan tim untuk melakukan proses pembelajaran tentang manajemen pengelola dan pemanfaatan air hujan antara lain membuat penampungan air hujan, pembuatan alat tangkap air hujan, ionisasi air hujan dan sebagainya," tutup Aswind. [ina] 

Komentar Pembaca
Ini Suasana Polrestabes Medan Pasca Ledakan

Ini Suasana Polrestabes Medan Pasca Ledakan

RABU, 13 NOVEMBER 2019 , 12:48:29

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00