Prabowo Merapat ke Jokowi, PDIP: Selamat Datang di Kabinet Gotong Royong

Soal Kabinet Hak Prerogatif Presiden

Politik  SELASA, 22 OKTOBER 2019 , 10:15:00 WIB

Prabowo Merapat ke Jokowi, PDIP: Selamat Datang di Kabinet Gotong Royong

Istimewa

RMOLBabel. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyatakan tidak mempermasalahkan jika Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) pada pemerintahan Presiden Joko Widodo periode 2019-2024.
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, penyusunan kabinet pemerintahan merupakan hak prerogatif Presiden. Hal itulah yang mendasari PDIP terbuka dengan bergabungnya Partai Gerindra ke dalam koalisi pemerintah.

"PDI Perjuangan sesuai fatsoen politik dan tata pemerintahan yang berlaku menghormati hak prerogatif Presiden. Selamat datang kabinet gotong royong nasional," kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/10) dilansir laman Rmol.id

Menurutnya, keputusan Jokowi merangkul Gerindra serta memberi tempat di kabinet dimaknakan dalam konsolidasi ideologi, politik, dan pemerintahan. Hal ini mencerminkan bekerjanya semangat rekonsiliasi guna memperkuat pemerintahan.

Merapatnya Gerindra juga memperkuat penerintahan di tengah ancaman ekonomi global yang saat ini terjadi.

"Kuatnya pemerintahan, tentunya berdampak pada stabilitas politik nasional sebagai syarat penting percepatan kerja pembangunan ekonomi nasional," tegasnya.

Akan tetapi, ia tak menampik bahwa idelanya dalam demokrasi yang sehat dibutuhkan kekuatan politik di luar pemerintahan. Hal itu juga pernah dilakukan PDIP selama 10 tahun berada di luar pemerintah.

Berada di luar pemerintahan memiliki peran penting guna menyiapkan opsi kebijakan politik, sehingga rakyat memiliki gambaran, kebijakan politik mana yang lebih baik antara the ruling party dan the opponent party. Kebijakan alternatif penting dan berkontribusi meningkatkan kualitas demokrasi," tandasnya. [Fth]

Komentar Pembaca