Ternyata Ini Alasan Tak Terbantahkan Bikin KASN Sepakati Pemberhentian Yunan Helmi

Daerah  SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 17:17:00 WIB

Ternyata Ini Alasan Tak Terbantahkan Bikin KASN Sepakati Pemberhentian Yunan Helmi

Tasdik Kinanto/Ist

RMOLBabel. Wakil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Tasdik Kinanto S.H., M. Hum membeberkan dua alasan yang sulit dibantah Yunan Helmi, terkait pemberhentian dirinya sebagai Sekda Bangka Barat oleh Bupati Markus, beberapa waktu lalu.
Kedua alasan tersebut, jelas Tasdik Kinanto, ialah soal etika dan kinerja Yunan Helmi selama 2 tahun lebih menjabat Sekda Bangka Barat.

"Ada dua hal jika kita bicara soal manajemen ASN. Pertama, terkait substansinya akan dilakukan evaluasi kinerja, sementara Yunan saat akan dievaluasi tidak hadir. Padahal, harusnya setiap pegawai kalau saatnya dievaluasi, harus mau. Masa harus menunggu dia? Loh, yang jadi pimpinan daerah itu Sekda atau Bupati? Kedua, soal etika pemerintahan, tidak pantas sementara masih menjabat Sekda tapi mencoba melamar di tempat lain," beber Tasdik.

Menurut Tasdik,dua alasan tersebut di atas ditambah lagi data-data terkait kinerja bersangkutan yang tak sesuai harapan, maka dirinya menilai sudah cukup kuat dijadikan dasar pemberhentian Yunan Helmi ini.

"Apalagi, Bupati juga sudah mempertimbangkan supaya kariernya tidak mandek, jabatan juga masih eselon II. Saya rasa Bupati sudah cukup bijaklah. Daripada kalau persoalan ini dibiarkan, maka pemerintahan tidak akan efektif yang berdampak pada terhambatnya pelayanan publik. Ada kepentingan lebih besar dibanding Bupati sebagai pribadi maupun Yunan Helmi nya," tegas Tasdik.

Asisten Komisoner Bidang Pengaduan dan Penyelidikan KASN, Sumardi, menegaskan, sepakat dengan keputusan yang nantinya dikeluarkan KASN bakal sesuai audiensi bersama sejumlah lembaga terkait, pada Jumat 18 Oktober 2019.

"Pertama-tama, saya apresiasi Bupati Markus atas atensinya terhadap persoalan ini, dengan beberapa kali datang dan berdiskusi secara langsung terkait masalah Yunan Helmi. Saya melihat, memang sudah tidak ada lagi kecocokan antara Bupati Markus dan Yunan Helmi. Karena itu, saya tetap akan ikut keputusan dan rekomendasi komisioner KASN," tegas Sumardi di hadapan Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto, perwakilan Kementrian Dalam Negeri, Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan pihak Kemenpan RB serta Bupati Markus dan tim, Jumat (18/10) petang. [ril/pet]


Komentar Pembaca
Ini Suasana Polrestabes Medan Pasca Ledakan

Ini Suasana Polrestabes Medan Pasca Ledakan

RABU, 13 NOVEMBER 2019 , 12:48:29

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00