Doni Monardo Terkesan Kawasan Konservasi Mangrove Kurau Barat

Daerah  JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:12:00 WIB

Doni Monardo Terkesan Kawasan Konservasi Mangrove Kurau Barat
RMOL. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo melakukan peninjauan kawasan konservasi mangrove munjang Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Jumat (11/10/2019).
Hamparan hijau mangrove yang tumbuh subur dan alami yang membentang sekitar 800 hektar di Kabupaten Bangka Tengah itu, berhasil menggoreskan kesan tersendiri bagi orang nomor satu di BNPB itu,"Saya terkesan. Mangrove di kawasan ini sangat natural sangat indah, dari konservasi alamnya dan sekarang jadi kawasan pariwisata," ucap Doni.

Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu juga menyampaikan apresiasi atas usaha dari pihak-pihak yang telah aktif melakukan penyelamatan lingkungan, khususnya hutan mangrove di wilayah Bangka. Baginya hal penting yang bisa dicontoh dari semua itu ialah bagaimana kita bekerjasama mengembalikan fungsi mangrove sebagai penyerap karbon sekaligus penghasil oksigen. Terlebih magrove sebagai benteng alam dan pelindung dari gelombang besar hingga tsunami.

Dari segi ekonomi sendiri, menurut doni kawasan mangrove juga menjadi rumah-rumah bagi kepiting dan udang yang memiliki nilai jual tinggi. Selain itu, pemanfaatan mangrove sebagai kawasan wisata seperti yang sudah dilakukan Bangka juga bisa menghasilkan pundi-pundi ekonomi yang berkelanjutan, asalkan pengelolaanya sesuai dengan keberlangsungan daripada ekosistem mangrove itu sendiri.

Selepas itu, mobil rombongan bergerak cepat meninggalkan bandara menuju lokasi penanaman pohon selanjutnya di kawasan Kalekak Nusantara, Bukit Mangkol, Desa Terak, Kecamatan Simpangkatis, Kabupaten Bangka Tengah. Dalam prosesi ritual penanaman itu juga dilakukan bersama-sama dengan Bupati Bangka Tengah beserta jajaran rombongan yang lain sehingga dalam sehari Doni Monardo telah menanam tiga jenis tanaman yang berbeda.

"Daerah lain harus bisa mencontoh apa yang dilakukan serta kemaun orang-orang, pemerhati dan peduli terhadap lingkungan seperti yang bisa kita lihat di Provinsi Bangka Belitung ini untuk masa depan cucu kita semua," tutup Doni. [ina] 

Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09