'Katana' Upaya Peningkatan Ketangguhan Dan Ketahanan Terhadap Bencana

Daerah  JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 15:28:00 WIB

'Katana' Upaya Peningkatan Ketangguhan Dan Ketahanan Terhadap Bencana
RMOL. Tingginya potensi ancaman dan jumlah masyarakat yang terpapar risiko bencana menyebabkan perlunya meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat secara terus menerus sehingga masyarakat di seluruh Indonesia dapat mengetahui bagaimana harus merespon dalam menghadapi situasi kedaruratan bencana.
Dalam peringatan ringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2019 Kasubdit Peran Lembaga Usaha BNPB, Firza Ghozalba Keluarga Tangguh Bencana (Katana) merupakan mikromoskos dari penanggulangan bencana.

Dalam konteks bencana, keluarga menjadi fokus inti. Dimana dalam upaya peningkatan ketangguhan bencana dan ketahanan terhadap bencana, konsepsi Katana menjadi penting dan dapat dikembangkan serta diterapkan sebagai proses yang terus menerus. Firza Ghozalba mengatakan bahwa Katana bagian dari Destana dengan sasaran prioritas adalah masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana.

"Akar permasalahan di lapangan yang ditemukan adalah kapasitas terkait pemahaman dan kesiapsiagaan menghadapi bencana yang masih perlu ditingkatkan. Jika masalah-masalah tersebut teratasi, korban menjadi kecil," Jumat (11/10/2019).

Dirinya mengungkpkan kunci Katana adalah adanya partnership/kemitraan antar lintas sektor. Katana bukan milik BNPB tetapi program bersama baik di pemerintahan maupun pemangku kepentingan lainnya. Adapun tiga tahapan dalam katana diantaranya mengetahui dan sadar akan risiko bencana dilingkungannya, mengetahui dan memperkuat struktur bangunan paham manajemen bencana, edukasi bencana serta mampu menyelamatkan diri sendiri keluarga dan tetangga.

Tidak hanya itu, menurutnya keluarga memiliki peran penting dalam pengurangan risiko bencana, karena keluarga adalah struktur masyarakat terkecil pertama yang memberikan sosialisasi kepada setiap anggotanya. Keluarga dapat memberikan sosialisasi pendidikan bencana sejak dini terutama kepada anak-anak dan remaja.

Dalam hal ini, tiga poin penting yang menjadi usulan program Katana yaitu Katana dapat menjadi sokoguru ketangguhan komunitas dan keluarga terhadap risiko bencana. Dengan menggunakan informasi berbasis teknologi, Katana untuk memperkuat upaya-upaya ketahanan keluarga dan lingkungan terlebih untuk ketahanan bangsa serta terlebih Katana harus melibatkan kelompok rentan seperti anak-anak, ibu hamil, lansia dan perempuan, harus dimulai dari keluarga untuk ketangguhan dalam menghadapi bencana. [ina]


Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09