BNPB; PRB Event Sharing Pengalaman, Pengetahuan Terkait Penanggulangan Bencana

Daerah  KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 23:35:00 WIB

BNPB; PRB Event Sharing Pengalaman, Pengetahuan Terkait Penanggulangan Bencana
RMOL. Salah satu permasalahan utama bencana adalah disebabkan oleh masalah lingkungan. Bulan Pengurangan Resiko Bencan (PRB) ini adalah suatu even yang tujuannya supaya kita sebagai negara yang sangat besar untuk bisa saling berbagi pengalaman, pengetahuan terkait penanggulangan bencana kepada pelaku pengurangan resiko bencana," ucap Deputi Sistem dan Strategi BNPB, Wisnu Wijaya saat menghadiri Gala Dinner di Rumah Dinas Walikota Pangkalpinang, Kamis (10/10/2019).
Dijelaskannya, peringatan bulan PRB yang dilakukan setiap setahun sekali ini juga sebagai peringatan PRB Internasional yang jatuh pada 13 Oktober, dimana disetiap tahunnya kegiatan ini dilaksanakan berpindah-pindah  dan biasanya dilaksanakan dari wilayah barat ke timur.

Diungkapkan Wisnu, dalam kegiatan PRB ini juga nantinya akan diadakan banyak even sperti dilakukannya pertemuan-pertemuan, diskusi teknis dan pameran terkait kebencanaan serta juga akan mengadakan beberapa lomba.

"Bahkan sekarang sudah bergerak komunitas roda dua dan relawan dari pulau Sumatra," ungkapnya.

Tidak hanya itu, nanti juga akan ada satu acara yang mana kita ketahui salah satu sumber becana adalah kerusakan lingkungan, maka dari itu akan dilakukan penanaman pohon. Dan pada saat yang sama, tepatnya di  Belitung akan ada kegiatan para relawan melakukan gathering bersama berbagi pengalaman kepada seluruh relawan se-Indonesia.

"Jadi acara ini merupakan acara rutin dan juga akan di hadiri beberapa kepala daerah. Kita ketahui

banyak sekali bencana dan termasuk konflik sosial yang terjadi saat ini di Indonesia, dan kami berharap dengan seringnya kita berkumpul bersama seperti ini dapat saling sharing, saling membangun kepercayaan serta  kekerabatan. Semoga hal yang berkaitan tersebut bisa kita kurangi," harap Wisnu. [ina]

Komentar Pembaca