Bamsoet Terpilih Aklamasi Ketua MPR

Bambang Patijaya Apresiasi Budaya Musyawarah Mufakat di MPR

Daerah  JUM'AT, 04 OKTOBER 2019 , 12:29:00 WIB

Bambang Patijaya Apresiasi Budaya Musyawarah Mufakat di MPR

Bambang Patijaya (Ist)

RMOLBabel. Bambang Soesatyo alias Bamsoet terpilih menjadi ketua MPR periode 2019-2024 dalam sidang paripurna di kompleks MPR/DPR, Kamis (3/10/2019) malam. Seluruh fraksi setuju, termasuk Gerindra yang sempat mengajukan Ahmad Muzani sebagai calon ketua MPR.
Proses ini pun dimaknai Anggota DPR RI dapil Bangka Beitung, Bambang Patijaya (BPJ) sebagai sebuah pelajaran berharga untuk tidak menanggalkan culture musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari.

"Demokrasi ala Indonesia adalah demokrasi Pancasila, semangat gotong royong dan musyawarah mufakat adalah intisari dari implementasi Pancasila yang sesungguhnya.

 Sungguh indah sahabat ku. MPR adalah Rumah Bangsa kita," tulis BPJ dalam catatan kecilnya kepada redaksi RMOL Babel, Jumat (4/10) siang.

Politisi partai Beringin ini lewat catatan kecilnya mendeskripsikan drama perebutan kursi ketua MPR, antara Gerindra yang mengusung Ahmad Muzani dan Golkar yang mengusung Bambang Soesatyo.

"Sebelumnya Partai Gerindra bersikeras mengusung Ahmad Muzani untuk menjadi Ketua MPR. Namun, setelah berkonsultasi dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, akhirnya Gerindra menentukan sikap politiknya untuk mendukung Bambang Soesatyo menjadi ketua MPR," terang BPJ.

Legislator muda ini bilang, pada rapat musyawarah MPR yang sempat diskors hingga pukul 21.00 Wib, partai Golkar sebagai pemilik kursi terbanyak nomor dua di DPR yang juga mengusung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI terus melakukan lobby politik kepada semua fraksi yang ada di MPR.

"Sebelumnya partai Gerindra memang bersikeras mengusung Ahmad Muzani untuk menjadi Ketua MPR. Namun, setelah berkonsultasi dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, akhirnya Gerindra menentukan sikap politiknya untuk mendukung Bambang Soesatyo menjadi ketua MPR," beber BPJ.

Bambang Patijaya berharap, nilai-nilai musyawarah yang merupakan hakikat dari demokrasi Pancasila harus selalu dikedepankan dalam setiap pengambilan keputusan politik.

"Pada loby-loby tingkat dewa, para Ketum semua parpol saling menguatkan semangat ini, sampai pada suatu titik Prabowo Subianto berkomunikasi dengan Megawati tentang kondisi ini.
Bagaimana kita semua ingin membangun konsensus bersama menjadikan MPR kembali sebagai Rumah Besar Bangsa Indonesia," pungkas BPJ. [SHL]

Komentar Pembaca