Surya Paloh Komentari Bamsoet Jabat Ketua MPR RI

Terpilih Aklamasi Itu Lebih Mulia

Politik  JUM'AT, 04 OKTOBER 2019 , 08:14:00 WIB

Surya Paloh Komentari Bamsoet Jabat Ketua MPR RI

Paloh salami Bamsoet/Ist

RMOLBabel. Bambang Soesatyo-akrab disapa Bamsoet-terpilih menjabat Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 2019-2024. Politisi Partai Golkar itu ditetapkan secara aklamasi dalam rapat paripurna MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10 malam.
Rapat paripurna dipimpinan Pimpinan sementara MPR Abdul Wahab Dalimunthe. Rapat paripurna antara lain dihadiri Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Proses ini pun dimaknai Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh sebagai wujud persatuan para anggota dewan meski sempat ditolak Gerindra.

"Yang paling penting tugas para anggota dewan kita dalam paripurna malam ini telah selesaikan tugas dengan terpilihnya (Ketua MPR) secara aklamasi beserta unsur pimpinan MPR. Ini menunjukkan suasana kebatinan kita masih bisa disatukan,” ungkap Surya Paloh di gedung kura-kura, Komplek DPR/MPR, Senayan, Kamis (3/10) dilansir dari Rmol.id.

Terlepas dari penolakan yang sempat muncul, Paloh berpandangan pemilihan secara aklamasi lebih baik dibanding cara lain.

"Ini jauh lebih dimuliakan daripada pengambilan keputusan secara politik sehingga dalam hal ini saya menggarisbawahi, saya apresiasi sekali,” tambahnya.

Bukan tanpa alasan. Baginya keputusan pemungutan suara seperti voting justru cenderung akan melukai UU MD3 yang mana terjadi perubahan formasi dari tiga pimpinan menjadi sepuluh pimpinan.

"Sayang kita sudah ubah UU MD3. Penambahan pimpinan kan dimaksudkan bisa mengambil keputusan secara musyawarah mufakat," tandasnya. [Iza/Fth]

Komentar Pembaca