Peringati Hari Batik Nasional, Perwira Pangkalpinang Edukasikan Membatik

Daerah  RABU, 02 OKTOBER 2019 , 12:57:00 WIB

Peringati Hari Batik Nasional, Perwira Pangkalpinang Edukasikan Membatik
RMOL. Memperingati hari Batik Nasional, Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Kota Pangkalpinang menggelar acara edukasi membatik, Rabu (2/10/2019) bertempat di Wilhelmina Park (Taman Sari) Kota Pangkalpinang.
Ketua Perwira Kota Pangkalpinang, Apong Komaria megatakan kegiatan tersebut selain dalam rangka memperingati hari batik nasional, edukasi ini di tujukan untuk para pemula pengerajin batik di Pangkalpinang. 

Dengan membawakan tema "Perwira sebagai organisasi perempuan ikut melestarikan warisan budaya batik" itu dirinya berharap akan banyak bermunculan pembatik dan pengusaha batik baru khususnya di Pangkalpinang yang dapat menopang kehidupan keluarga. 

"Ternyata di Pangkalpinang banyak peminat untuk menjadi pembatik. Kita harapkan kaum wanita di Pangkalpinang dapat berpartisipasi dalam kegaitan seperti ini," harapnya. 

Terkait hal itu, dirinya berharap adanya peran Pemerintah dalam memfasilitasi kegiatan ini, sehingga pengerajin batik di Pangkalpinang mempunyai wadah dalam pemasarannya."Meski pun mereka pandai dalam membatik jika tidak ada wadah maka kita akan kalah dengan daerah lainnya seperti Jogja, Pekalongan dan daerah lainnya," ungkap Apong. 

Kendati demikian, Apong mengungkapkan hasil membatik dari anggota yang tergabung di Perwira sudah cukup bagus. Walupun para anggota Perwira yang belajar membatik sudah agak ketuaan. 

Menyikapi hal tersebut, pihaknya akan melibatkan semua kalangan termasuk kaum milenial serta para disabilitas untuk mengikuti edukasi membatik ini. Jika perlu adanya muatan lokal di setiap sekolah-sekolah.

"Jika perlu adanya pemakaian seragam batik dari hasil membatik kita yang di pakai oleh pihak-pihak sekolah Yang ada di Pangkalpinang," tandas Apong. [ina]


Komentar Pembaca