SMP Santa Maria Muntok Berbenah Menuju Sekolah Adiwiyata

Pendidikan  SABTU, 07 SEPTEMBER 2019 , 13:37:00 WIB

SMP Santa Maria Muntok Berbenah Menuju Sekolah Adiwiyata

RMOL Babel

RMOLBabel. Menjadi sekolah berbasis lingkungan memang gampang diucapkan, namun tak mudah diwujudkan. Butuh perjuangan ekstra yang melibatkan seluruh warga sekolah mulai dari tenaga pendidik, kependidikan, para siswa, dan orang tua.
Setidaknya kolaborasi positif ini bisa dijumpai jika mengunjungi lingkungan SMP Santa Maria Muntok di jalan Basuki Rahmat Sungai Daeng, Kecamatan Muntok, Bangka Barat.

Lingkung sekolah milik Keuskupan Pangkalpinang itu kini tampak asri dan sejuk.

"Ini salah satu upaya kita mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan. Motivasi kita hanya ingin menjadikan SMP Santa Maria ini sebagai sekolah yang menyenangkan, yang membuat para peserta didik, termasuk tenaga pendidik dan kependidikan enjoy berada di sekolah," jelas Kepala Sekolah Dra. Kristiana Anggani ditemui Kantor Berita RMOL Babel di Muntok, Sabtu (7/9).

Kristiana menerangkan, beberapa waktu lalu Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat (Disdikpora Babar) memang menunjuk SMP yang dikelola Yayasan Tunas Karya (YTK) tersebut terlibat dalam lomba sekolah adiwiyata, namun belum direkom ke tingkat Provinsi karena masih butuh pembenahan.

"Untuk menjadi sekolah adiwiyata, butuh modal dan kita sudah berdayakan sumber dana yang ada. Selain itu, yang masih perlu dibenahi ialah administrasinya dan juga harus ada korelasi dengan kurikulum sekolah. Kita akan terus membenahi itu," imbuhnya.

Patut diketahui, sekolah adiwiyata adalah salah satu program dari Kementrian Lingkungan Hidup yang bertujuan mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Dalam program ini, diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif sebagai bentuk tanggung jawab warga sekolah dalam upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. [Stef HL]

Komentar Pembaca
Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19

Kalimantan Timur Minta Jatah Menteri

Kalimantan Timur Minta Jatah Menteri

SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 23:02:24