Dewan Pakar: Munas Golkar Desember, Memang Agenda Tetap Yang Disepakati

Politik  JUM'AT, 06 SEPTEMBER 2019 , 14:37:00 WIB | LAPORAN:

Dewan Pakar: Munas Golkar Desember, Memang Agenda Tetap Yang Disepakati

Ilustrasi/Net

RMOLBabel. Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono menyatakan, jadwal Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar diagendakan pada Desember 2019 bukanlah atas kemauan Ketua Umum Airlangga Hartarto. Desember itu memang agenda rutin  partai lima tahunan yang telah disepakati sebelumnya.
"(Munas) Bulan Desember itu bukan keinginan Pak Airlangga saja, tapi memang sudah agenda yang tetap," ujarnya di Bilangan Cawang, Jakarta, Kamis (5/9).

Seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Agung menilai keliru, jika jadwal munas itu dianggap sebagai keinginan sepihak Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Dia meminta seluruh kader bersabar dan tidak melakukan desakan berlebih soal percepatan jadwal Munas.

Agung menerangkan, catatan Munas Partai Golkar biasa digelar pada bulan Maret. Jadwal itu  kemudian berubah menjadi bulan Oktober pada era reformasi. Kemudian, jadwal bulan Oktober itu dimundurkan pada Desember berdasarkan kesepakatan pada munas sebelumnya. Alasannya, bulan Oktober berbarengan dengan pelantikan presiden dan DPR RI.

"Biasanya Partai Golkar itu menyelenggarakan munasnya itu pada bulan mendekati waktu setelah penetapan pemerintahan, awalnya itu bulan Maret penetapan Presiden, tapi setelah reformasi kan geser ke Oktober, maka munasnya geser ke Desember," jelasnya.

"Jadi diselesaikan dulu nih mengutamakan kegiatan kegiatan kenegaraan, selesai kegiatan kenegaraan, agenda-agenda kenegaraan barulah kemudian agenda partai," urai mantan Menko Kesra ini.

Lebih jauh Agung mengatakan, catatan rutin munas pada bulan Desember dimulai pada tahun 2004 saat Jusuf Kalla memenangkan pertarungan dan menjadi ketua umum. [fak]

Komentar Pembaca
Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19

Kalimantan Timur Minta Jatah Menteri

Kalimantan Timur Minta Jatah Menteri

SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 23:02:24