Nestapa Garuda dan Ulah Suporter yang Memalukan

Sport  JUM'AT, 06 SEPTEMBER 2019 , 10:20:00 WIB

Nestapa Garuda dan Ulah Suporter yang Memalukan

Ilustrasi

RMOLBabel. Sejumlah suporter Indonesia berbuat hal memalukan saat menjamu Malaysia pada laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (5/9) malam.
Bukan saja karena kekalahan 3-2 dari Malaysia, tetapi juga amukan sejumlah suporter yang hendak menyerang fans tim tamu turut mencederai martabat sepakbola Indonesia di mata dunia internasional.

Ini jelas sangat menyakitkan. Dukungan ribuan suporter tuan rumah tak berhasil menyuntik adrenalin penggawa Garuda. Indonesia dipaksa menunduk di kandang, lebih menyedihkan karena pil pahit tersebut harus diterima saat laga kontra Malaysia.

"Sulit menerima kekalahan ini. Kami tak bisa berpura-pura. Anak-anak sebenarnya bermain bagus pada babak pertama. Dua gol yang tercipta juga berkat kerja sama yang sudah ditetapkan sesuai rencana," kata Pelatih Timnas Senior Indonesia Simon McMenemy pada jumpa pers, tadi malam dilansir Goal.com

Semalam, kehadiran 400 orang suporter Malaysia tampak tidak diterima. Serangan mereka dapatkan setibanya di SUGBK sehingga demi keamanan panitia pelaksana pertandingan harus buru-buru memasukkan mereka ke tribun.

Aksi tidak terpuji tidak berhenti sampai di situ. Koreografi maupun spanduk dengan tulisan tidak pantas terpampang jelas di bagian tribun selatan yang dihuni kelompok suporter yang menamakan diri Ultras Garuda.

Ejekan hingga nyanyian bernada negatif terus ditujukan pada suporter Harimau Malaya dan bergema dengan jelas di seantero SUGBK. Tidak puas, beberapa kali lemparan benda-benda menghampiri fans tamu.

Puncaknya terjadi pada menit ke-72. Sejumlah suporter nekad turun ke gelanggang, lalu berlari menghampiri tribun tandang. Maksudnya, hendak melancarkan serangan fisik.

Selain tribun selatan, para penonton nekad itu merambah lapangan dari tribun utara yang sebagian besar dihuni kelompok suporter lain bernamakan La Grande Indonesia. Petugas keamanan pun sibuk menggagalkan upaya mereka.

Tak ayal, pertandingan ikut terpengaruh. Wasit menyetop pertandingan untuk sementara waktu. Para pemain Indonesia seperti Stefano Lilipaly sampai mendatangi fans untuk menenangkan mereka. Tapi, belum berhenti.

Dari tribun atas, para penonton tuan rumah melempari bom asap ke arah suporter Malaysia. Salah seorang di antaranya jatuh pingsan dan harus diungsikan petugas medis. Bahkan, saat ditandu pun, penonton malang itu masih dilempari botol oleh pengamuk. Sungguh di luar batas.

Terima kasih atas kerja keras penonton yang beringas ini. Hampir dapat dipastikan, sanksi berat dari FIFA/AFC akan menghampiri Indonesia. Bisa jadi dampaknya akan langsung terasa ketika Indonesia menjamu Thailand pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia, Selasa mendatang. [Stef HL]

Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09