Mulai 1 September, Lion Air Group Pangkas Tarif Bagasi

Berlaku untuk Bagasi Kelebihan Berat

Ekbis  SENIN, 26 AGUSTUS 2019 , 10:25:00 WIB

Mulai 1 September, Lion Air Group Pangkas Tarif Bagasi

Ilustrasi

RMOLBabel. Mulai 1 September 2019, seluruh maskapai di bawah naungan Lion Air Group memberlakukan tarif bagasi baru untuk pembelian saat pelaporan di bandara. Tarif baru berlaku untuk bagasi kelebihan berat/dimensi (excess baggage ticket/ EBT).
Maskapai Batik Air yang berkonsep layanan penuh (full services airlines) memberikan bagasi tercatat cuma-cuma 20 kg.

Lion Air dan Wings Air yang berkategori layanan minimum tidak memberikan bagasi cuma-cuma. Tarif kelebihan dihitung per kilogram (kg) dengan nilai berbeda menurut maskapai pada rute yang dilayani.

Corporate Communication Strategics of Lion Air Group Danang Mandala mencontohkan, rute Cengkareng-Yogyakarta melalu Bandara Internasional Adisutjipto sebesar Rp 24 ribu per kg untuk Lion Air dan Rp 33 ribu per kg untuk Batik Air dengan durasi terbang 1 jam.

Rute Cengkareng-Medan hanya 49 ribu per kg dengan durasi terbang 2 jam oleh maskapai Lion Air dan Rp 70 ribu oleh Batik Air. Rute Surabaya-Banyuwangi Rp 28 ribu per kg dan rute Bandung-Bengkulu Rp 44 ribu oleh maskapai Wings Air.

"Biaya kelebihan bagasi mengikuti berat aktual di timbangan bagasi bandara. Penumpang yang membawa bagasi melebihi berat tetap dikenakan biaya setelah dibandingkan dengan bagasi gratis atau voucher bagasi," katanya di Jakarta, Minggu (25/8).

Danang menyarankan penumpang membawa barang dengan kapasitas sesuai voucher bagasi yang dibeli. Harga voucher bagasi jauh lebih murah dibanding harga kelebihan bagasi per kilogram.

Harga voucher bagasi rute Cengkareng-Yogyakarta oleh maskapai Lion Air hanya Rp 17 ribu per kg, jauh lebih hemat Rp 11 ribu per kg dibanding biaya kelebihan. Rute Cengkareng-Kualanamu Rp 36 ribu per kg, lebih hemat Rp 13 ribu dari biaya kelebihan bagasi.

Pembelian kuota bagasi yang dilakukan sebelum waktu keberangkatan (pre-paid baggage) tersedia dengan kapasitas 5, 10, 15, dan 20 kg dengan maksimal pembelian 30 kg per penumpang. [Shl]

Komentar Pembaca
Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19

Kalimantan Timur Minta Jatah Menteri

Kalimantan Timur Minta Jatah Menteri

SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 23:02:24