Partai Sebesar Golkar Butuh Ketum Yang Tenang Seperti Airlangga

Politik  SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 11:13:00 WIB | LAPORAN:

Partai Sebesar Golkar Butuh Ketum Yang Tenang Seperti Airlangga

Airlangga Hartarto/Net

RMOLBabel. Partai Golkar adalah partai besar yang dalam lima tahun terakhir diwarnai berbagai dinamika politik. Butuh pemimpin yang punya berkarakter tenang dalam menghadapi konstelasi tersebut.

Demikian pendapat yang dikemukakan Direktur HICON  Law dan Policy Strategis, Hifdzil Alim.

Dia menyebut, dalam lima tahun terakhir, Golkar kerap dilanda badai politik dan bahkan, sampai tiga kali mengalami pergantian Ketua Umum. Badai itu mulai mereda sejak kepempimpinan Airlangga.

"Penting bagi partai sebesar Golkar memiliki ketua yang tenang seperti Airlangga," ujar Hifdzil seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (24/8).

Hifdzil menambahkan, perolehan 85 kursi di parlemen menjadi salah satu bukti Airlangga mampu menjaga stabilitas dan mengkonsolidasi mesin partai Golkar.

"Airlangga terbilang berhasil membawa Golkar di Pemilu 2019. Dia tenang dan pintar menempatkan Golkar dalam berbagai dinamika dan konstelasi politik yang berkembang," terang Hifdzil.

Salah satu contohnya, tambah Hifdzil, dinamika politik menjelang Pilpres, saat Jokowi belum menentukan Calon Wakil Presiden (Cawapres). Airlangga sebagai Ketum Golkar sebenarnya punya kans yang kuat menjadi cawapres Jokowi, tetapi dia membaca situasi politik dengan cermat.

"Airlangga lebih memilih fokus melakukan konsolidasi pemenangan partai dan memenangkan Jokowi," ujar Hifdzil.

Diketahui, Partai Golkar akan melangsungkan Musyawarah Nasional (Munas) pada akhir tahun nanti. Sejauh ini Airlangga masih menjadi kandidat terkuat untuk memimpin partai beringin 5 tahun mendatang. [fak]



Komentar Pembaca