2 Buku Karya Yulius Tiranda Mengantarnya Jadi Analis Berprestasi Tingkat Nasional

Bupati Markus Mengapresiasi

Daerah  SENIN, 19 AGUSTUS 2019 , 16:53:00 WIB

2 Buku Karya Yulius Tiranda Mengantarnya Jadi Analis Berprestasi Tingkat Nasional

Foto: RMOL Babel

RMOLBabel. Yulius Tiranda dinobatkan sebagai juara 1 analis kebijakan berprestasi tingkat nasional tahun 2019. Penyerahan penghargaan diadakan bertepatan dengan hari ulang tahun Lembaga Administrasi Nasional Republik Indonesia (LAN RI) ke-62, Selasa (6/8).
Tahun 2019 ini merupakan kali kedua bagi Randa, sapaan akrabnya, mengikuti kompetisi yang sudah dilakukan oleh LAN RI sejak menaungi jabatan fungsional analis kebijakan pada 2013 silam.

"Ini penghargaan kedua setelah sebelumnya pada 2018 saya mendapat juara III dan tahun ini alhamdulilah juara I tingkat nasional. 2018 saya juara III karena kalah dari analis lain yang sudah lebih unggul dalam hal produk dimana mereka bisa buat peraturan daerah, analisisnya lintas provinsi sehingga produk yang dihasilkan pun lebih luas cakupannya untuk kepentingan publik," jelas Randa.

Disinggung terkait keunggulannya hingga terpilih sebagai juara 1 analis kebijakan berprestasi, dia menyebut karena produk analisisnya tidak hanya bersifat lokal di Babar dan Babel, tapi sudah menjangkau banyak orang dengan diterbitkannya dua buku ber-ISBN.

"Dua buku itu sudah ada ijin terbit dan ijin edar dari Perpustakaan Nasional Indonesia dan karena itu yang menikmati tulisan saya juga pastinya bukan hanya warga Babel tapi Indonesia. Sementara 2 analis lain yang keluar sebagai juara II dan III hanya menulis kebijakan di lokal mereka, di instansinya saja," bebernya.

Penghargaan sebagai analis berprestasi tingkat nasional untuk Provinsi Bangka Belitung baru pertama kali diraih Kabupaten Bangka Barat lewat Yulius Tiranda. Dia pun berpesan, prestasi ini mendorong para analis Babel untuk ikut berkontribusi mengingat analis kebijakan ujung tombak kualitas kebijakan publik.

"Kita di Babel ada 16 analis kebijakan yang aktif dan terdaftar di LAN. Semoga para analis lain di Babel terus berinovasi di daerah masing-masing dengan sumbangsih pemikirannya agar kualitas kebijakan yang dihasilkan pemerintah lebih optimal," tutupnya.

Bupati Bangka Barat, Markus SH mengapresiasi prestasi yang ditorehkan Yulius. "Selamat untuk prestasinya. Semoga bisa memotivasi yang lain untuk berkontribusi lebih bagi daerah kita tercinta," tandas Markus.

Sekedar diketahui, kegiatan pemilihan Analis Kebijakan untuk Indonesia (AKuI) Award tahun 2019 ini juara 1 diraih Yulius Tiranda dari Kabupaten Bangka Barat, juara 2 diraih Patricia Dian Heni Anitasari dari Kota Jogjakarta, dan juara 3 diraih Gabriella Susilowati dari Kementerian Pertanian. [Stef Lopis]

Komentar Pembaca
Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19

Kalimantan Timur Minta Jatah Menteri

Kalimantan Timur Minta Jatah Menteri

SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 23:02:24