Kemenko Maritim Dorong Kerjasama Pemanfaatan Pelabuhan Muntok

Daerah  MINGGU, 11 AGUSTUS 2019 , 00:20:00 WIB

Kemenko Maritim Dorong Kerjasama Pemanfaatan Pelabuhan Muntok

Ridwan Jamaluddin dan Bupati Markus SH

RMOLBabel. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur mendorong kerjasama antara Pelindo II Cabang Pangkalbalam dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat (Pemda Babar) untuk pemanfaatan kawasan pelabuhan Muntok.
Hal ini ditegaskan Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Kemaritiman, Dr. Ir. Ridwan Jamaluddin, M. Sc saat mengunjungi kawasan pelabuhan Muntok di Bangka Barat Sabtu sore, 10 Agustus 2019.

Kedatangan Ridwan yang juga putra asli Bangka ini didampingi Bupati Bangka Barat Markus SH, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Bangka Barat M. Efendi, SE., MM serta Sekretaris BPPRD Babar Novaroli.

Menurut lulusan ITB jurusan geologi itu, pemerintah melalui Kemenko Kemaritiman selalu berupaya agar semua aset pemerintah harus memberi manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

"Kita dari pemerintah pusat melihat bahwa pelabuhan ini memang sangat kurang dioptimalkan selama ini padahal potensi ekonominya tinggi. Saya berpikir ke depan bisa jadi pelabuhan untuk pelayaran rakyat dengan mengacu Perpres baru yang kini hampir rampung. Kita akan tinjau bagaimana pelabuhan Muntok ini ditingkatkan manfaatnya bagi masyarakat," jelas Ridwan.

Usulan peningkatan status pelabuhan Muntok sebagai pelabuhan pelayaran rakyat bukan tanpa alasan.

"Kita melihat aktifitas perikanan bagus termasuk komoditas tertentu seperti sayuran yang didatangkan dari Sumatera lewat sini. Sementara dari sisi kuliner, Babar ini dikenal sebagai kota seribu penganan. Ini bisa dikapitalisasi, itu usulnya," beber Ridwan diwawancarai RMOLBabel.com.

Masih menurut Ridwan lagi, pelabuhan Muntok ini juga bisa dikembangkan sebagai lokasi wisata kuliner sebagai strategi dalam menghidupkan UMKM di kota Muntok dan sekitarnya.

Sementara Bupati Bangka Barat, Markus SH, menyambut gembira usulan kerjasama optimalisasi pemanfaatan pelabuhan Muntok dengan Pelindo II.

"Prinsipnya kita dari Pemda Bangka Barat siap untuk bekerjasama karena memang selama ini Pelindo II sebagai penguasa aset kurang mengoptimalkannya untuk mengairahkan ekonomi setempat,termasuk juga pengelolaan aset daerah yang optimal berpotensi meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)," pungkas Bupati Markus. [Stef]

Komentar Pembaca
Drama Politik Nasdem, Batal jadi Oposisi?

Drama Politik Nasdem, Batal jadi Oposisi?

SELASA, 22 OKTOBER 2019 , 23:25:37

Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03