BPS Babar Bersiap Menuju Sensus Penduduk 2020

Sensus Gunakan Metode Digitalisasi

Daerah  SENIN, 05 AGUSTUS 2019 , 15:49:00 WIB

BPS Babar Bersiap Menuju Sensus Penduduk 2020

Zainubi/RMOL

RMOLBabel. Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020 mendatang akan kembali menyelenggarakan sensus penduduk untuk memotret data administrasi kependudukan yang bisa digunakan sebelum mengambil langkah kebijakan.
Kepala BPS Bangka Barat, Zainubi ditemui di Kantor Bupati Bangka Barat, Senin (5/8) menjelaskan, pihaknya telah siap untuk menyukseskan sensus penduduk 2020.

Menurut Zainubi, pendataan dalam setiap sensus penduduk ini penting bagi pemerintah untuk memastikan perencanaan pembangunan tepat sasaran.

"Prinsipnya kita siap sukseskan sensus 2020. Terkait dengan itu, BPS Babar telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya pemetaan wilayah desa dan kecamatan di setiap RT sebagai bahan pada pelaksanaan sensus 2020 nanti," jelas Zainubi kepada wartawan.

Lebih jauh dia menjelaskan,metodenya juga beda dengan sensus sebelumnya yakni menggunakan metode kombinasi.

"Di sensus sebelumny kami menggunakan metodologi manual atau kertas. Tahun 2020 nanti kami akan menggunakan combin system (gabungan) antara manual dengan digital," sebutnya.

Selain itu juga, BPS akan menggunakan data Dukcapil sebagai sumber data utama dengan menggunakan data administrasi kependudukan yang dikeluarkan secara berkala.

"Data yang BPS dapat dari Dukcapil akan dicocokan dengan mendatangi warga langsung dari rumah ke rumah.

Metode digital dalam sensus 2020, memungkinkan masyarakat mengupdate data secara mandiri dengan menggunakan HP Android.

"Meski sensus dilakukan secara mandiri melalui digital, tapi pada tahap awal sensus secara konvensional pun masih dilakukan ke lapangan," tutupnya.

Untuk diketahui, motto sensus penduduk 2020 yakni; Anda tercatat, data akurat. Berdasarkan motto tersebut, Zainubi berharap, masyarakat Babar semua terdaftar dan turut menyukseskan sensus penduduk 2020 nantinya. Para perangkat di desa dan kecamatan pun diharap berperan mensosialisasikan ihwal sensus ini kepada masyarakat sekitar.

Drs. Agusman Simbolon, Kabid Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan, gelaran sensus 2020 bertujuan menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia.

"Semoga setiap keluarga memastikan seluruh anggotanya terdaftar dalam sensus ini," pungkas Agusman. [Stf]

Komentar Pembaca
Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19

Kalimantan Timur Minta Jatah Menteri

Kalimantan Timur Minta Jatah Menteri

SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 23:02:24