Reklamasi Eks Lahan Tambang PT Timah, Kadin ESDM : Laporan Semester Pertama Tahun Ini Belum Ada

Daerah  SELASA, 30 JULI 2019 , 14:38:00 WIB

Reklamasi Eks Lahan Tambang PT Timah, Kadin ESDM  : Laporan Semester Pertama Tahun Ini Belum Ada

Rusbani/Net

RMOLBabel.Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM),Rusbani mengaku belum menerima laporan realisasi reklamasi eks lahan tambang yang dilakukan oleh PT Timah (Persero) Tbk semester pertama tahun 2019.
"Laporan (reklamasi-red) semester pertama belum ada, kan ini baru sampai semester pertama. Pasti ada tapi belum sampai,"kata Rusbani kepada RMOL Babel, Senin (29/7).

Selain laporan per semester dan tahunan dikatakan Rusbani pihaknya juga biasanya menerima laporan per bulan serta laporan per triwulan. Namun dirinya belum dapat menunjukkan data laporan tersebut dengan alasan tidak hafal data dan baru menjabat.

"Kalau tanya data saya tidak hafal. Saya juga masih baru disini. Nanti saya minta staf yang tunjukkan,"ujarnya.

Begitu juga dengan laporan realisasi reklamasi yang telah dilakukan tahun-tahun sebelumnya, Rusbani juga belum dapat menunjukkannya.

"Nanti kalau memang ada datanya akan kita sampaikan. Atau bisa saja dia lapornya tahunan. Kalau laporan ya pasti adanya karena kan terikat dengan RKAB, RKAB kan setiap tahun. Sejauh mana realisasinya? pasti ada cuma jangan tanya keberhasilannya. Itu lain lagi,"kata Rusbani.

Lebih lanjut Ia menjelaskan pihaknya tidak dapat mendesak PT Timah untuk segera menyampaikan laporan reklamasi tersebut dikarenakan menjadi kewenangan Kementerian ESDM.

"Secara administrasi pembinaan dan pengawasan itu merupakan kewenangan pusat dalam hal ini Kementerian ESDM, begitu, clear kan. Bahwa semenjak ada perubahan peraturan itu pemerintah daerah sifatnya hanya ikut berkoordinasi saja,"terangnya.[rmb]


Komentar Pembaca
RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15