Pemkab Bangka Komitmen Tuntaskan Stunting

Pemkab Jalin Kerjasama Kemenag dan Wartawan

Daerah  SENIN, 29 JULI 2019 , 16:26:00 WIB

Pemkab Bangka Komitmen Tuntaskan Stunting

Istimewa

RMOLBabel. Pemerintah Kabupaten Bangka di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kian menegaskan komitmennya untuk menjadikan daerah tersebut bebas stunting suatu hari nanti.
Bupati Bangka, Mulkan, SH., MH menyebut angka stunting di Bangka saat ini masih cukup tinggi. Karena itu, Pemkab Bangka bekerjasama semua elemen untuk menuntaskan persoalan yang juga menjadi program nasional ini.  

Salah satu wujud kerjasama penuntasan stunting di Bangka ialah dengan menggandeng Kementrian Agama Kabupaten Bangka dan Komunitas Wartawan Bangka (KWB).

Menurut Mulkan, Kementrian Agama sangat berperan penting dalam penenkanan stunting dari segi pengaturan usia perkawinan dan pemberian pemahaman kepada calon pengantin. Begitu juga dengan wartawan yang menjadi garda terdepan memberikan informasi dan sosialisasi kepada khalayak.

Syaipul Zohri mewakili Kementrian Agama menyambut baik kerjasama dengan Pemkab terkait penyelesaian Stunting ini.

Menurutnya, permasalahan stunting bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, melainkan tugas dari seluruh sektor dan kesadaran masyarakat.

"Pemberian pemahaman kepada masyarakat dapat kita sampaikan saat pembekalan calon pengantin di Kantor Urusan Agama (KUA) dan pada saat prosesi pernikahan. Karena pada saat tersebut masyarakat berkumpul bersama dan target sosialisasi kita akan tepat sasaran," ungkap Syaipul.

Begitu juga dengan wartawan, melalui perwakilan KWB mengungkapkan akan berkomintmen mendukung program pemerintah tentang penekanan angka stunting. "Seharusnya ada atau tidak adanya MoU ini, sudah menjadi tanggung jawab wartawan untuk menginformasikan permasalahan stunting bagi masyarakat umum," tutur ketua KWB, Yudhy Ardhy Karya.

Hingga saat ini, Kabupaten Bangka menjadi satu-satunya Kabupaten di Bangka Belitung yang melaksanakan MoU dengan Kementrian Agama dan Wartawan. [Shl]

Komentar Pembaca
Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19

Kalimantan Timur Minta Jatah Menteri

Kalimantan Timur Minta Jatah Menteri

SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 23:02:24