OTT Bupati Kudus, KPK Sita Uang Sekitar Rp 200 Juta

Hukum  JUM'AT, 26 JULI 2019 , 20:48:00 WIB

OTT Bupati Kudus, KPK Sita Uang Sekitar Rp 200 Juta

Muhammad Tamzil/net

RMOLBabel.Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan barang bukti uang sekitar Rp 200 juta saat penangkapan Bupati Kudus, Muhammad Tamzil, bersama delapan orang lain di Kudus, Jawa Tengah.
Informasi ini disampaikan Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, kepada wartawan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (26/7).

"Kalau jumlah uang yang diamankan di lokasi itu Rp 200 jutaan, dalam pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu," kata Febri dilansir RMOL.id.

Tamzil pernah menjadi terpidana kasus korupsi pengadaan sarana prasarana pendidikan tahun 2004-2005 di Kabupaten Kudus. Dia dinyatakan bebas bersyarat dari LP Klas IA Kedungpane Semarang pada 26 Desember 2015.

KPK belum mau bicara soal apakah nantinya Tamzil akan menerima hukuman berat karena statusnya tersebut.

"KPK belum bicara soal hukuman karena prosesnya masih belum penyidikan. Kita lihat proses dalam waktu 24 jam, apakah seorang residivis bisa dituntut maksimal atau penambahan penambahan hukuman lain," kata Febri.

Tadi sore, Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, mengungkapkan bahwa tim penindakan KPK melakukan operasi di sejumlah lokasi Kabupaten Kudus dan menciduk Bupati Kudus, Muhammad Tamzil, bersama delapan orang pejabat di Pemkab Kudus.

"KPK mengamankan sembilan orang sampai saat ini. Mereka terdiri dari unsur Kepala Daerah, Staf dan ajudan Bupati, serta calon Kepala Dinas setempat. Dugaan pemberian suap terkait dengan pengisian jabatan di Kabupaten Kudus," terang Basaria.[rmb]

Komentar Pembaca