Rizal Ramli: Presidential Threshold 20 Persen Pintu Masuk Oligarki Dan Dagang Sapi

Politik  RABU, 10 JULI 2019 , 08:12:00 WIB

Rizal Ramli: Presidential Threshold 20 Persen Pintu Masuk Oligarki Dan Dagang Sapi

DR. Rizal Ramli/Repro

RMOLBabel.Syarat 20 persen suara bagi partai politik atau gabungan partai politik dalam mencalonkan presiden menjadi pintu masuk kaum oligarki untuk mendominasi politik Indonesia.
Pada gilirannya, ketika pemerintahan baru terbentuk, kelompok oligarki ini juga yang mendorong terjadinya politik dagang sapi.

Dengan demikian, apabila Indonesia ingin mendapatkan pemerintah dari proses politik yang sehat, yang bekerja untuk kepentingan rakyat, syarat presidential threshold harus diturunkan ke angka yang memungkinkan figur-figur terbaik ikut dalam kompetisi politik.

Demikian dijelaskan ekonom DR. Rizal Ramli ketika tampil dalam dialog Indonesian Lawyer Club (ILC) di TVOne, Selasa tengah malam (9/7).

"Pembatasan threshold 20 persen membuat capres Indonesia tersandera oleh oligarki politik dan ekonomi. Dukungan partai mesti dibayar dengan ‘dagang sapi’ mentri dan transaksi uang,” ujarnya.

Apabila threshold terutama untuk pemilihan presiden dihapuskan maka rakyat akan memiliki banyak pilihan.

"Banyak calon tidak masalah. Toh pada putaran dua tinggal dua calon. Lalu koalisi terbentuk secara natural, bukan karena uang dan dagang sapi,"demikian Rizal Ramli dilansir RMOL.id.[rmb]

Komentar Pembaca