Harga Sawit Anjlok, Distan Harap Bangka Punya Pabrik Pengolahan CPO

Daerah  SELASA, 09 JULI 2019 , 09:31:00 WIB

Harga Sawit Anjlok, Distan Harap Bangka Punya Pabrik Pengolahan CPO

Kemas Arfani/RMOL Babel.

RMOLBabel.Tingginya produksi sawit milik petani Kabupaten Bangka berdampak anjlok harga Tandan Buah Segar (TBS) yang dijual petani ke perusahaan sawit.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani, Senin (8/7) saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

"Untuk sawit di Bangka memang produksi CPO nya tinggi karena luas perkebunan sawit baik di perkebunan swasta maupun milik masyarakat cukup besar sehingga pabrik yang ada hanya mampu produksi CPO,"katanya.

Menurut Kemas, karena alasan itulah, harga komoditi sawit di daerah ini kerap mengalami penurunan harga sehingga membuat petani merugi.

Untuk itu, kata Kemas, agar komoditi ini mempunyai nilai jual cukup tinggi, kedepannya harus ada perubahan dengan menggiatkan investasi seperti membangun pabrik pengolahan CPO di daerah ini.

"Karena 7 unit pabrik yang ada, kita hanya produksi CPO saja. Nah untuk pengolahan produksi CPO ini kita belum punya," katanya.

Kemas berharap, lewat perubahan ini, industri pengolahan CPO yang diharapkan dibangun di Bangka dapat mengatasi anjloknya harga komoditi sawit ini.

"Kita wajib mendorong investasi lagi kedepannya dalam bentuk industri pengolahan CPO seperti pabrik rivainer CPO sehingga yang diolah bukan lagi bahan mentahnya, tapi tindaklanjuti pengolahan CPO," katanya.

Menurut Kemas, jika di daerah ini memiliki pabrik untuk mengolah CPO, efeknya akan dirasakan petani mengingat harga ekspor CPO cukup .

"Karena disini kita bersaing dengan Malaysia, Vietnam. Kalau kita mengandalkan CPO, kita akan kalah. Maka dari itu kita butuh perubahan," katanya.

Tak cuma itu saja, kata Kemas, untuk jangka panjangnya daerah ini diharapkan bisa memproduksi hasil dari CPO berbentuk barang seperti pabrik minyak makan atau sabun.

"Karena sebetulnya se pulau Bangka ini didirikan pabrik yang sedemikian berefek dengan pertumbuhan ekonomi pun dan itu yang kita dorong kedepan,"katanya.[Lio]

Komentar Pembaca
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11