Hempas Juara Bertahan 3-0, Peru Tantang Brasil Di Final Copa America

Sport  KAMIS, 04 JULI 2019 , 10:33:00 WIB

Hempas Juara Bertahan 3-0, Peru Tantang Brasil Di Final Copa America

Timnas Peru/Net

RMOLBabel.Ambisi Chile untuk mencatatkan hattrick juara Copa America dipastikan kandas. Alih-alih lolos ke final, Alexis Sanchez dan kolega justru keok dengan skor telak 0-3 dari Peru yang tidak terlalu diunggulkan di babak semifinal, Kamis (4/7) pagi.
Sejak menit awal laga, Peru sudah langsung menunjukkan determinasi mereka. Permainan cepat dan penguasaan bola yang rapi mampu membuat permainan Chile sulit berkembang.

Namun Chile yang mengusung ambisi besar terus berusaha. Membuat kedua kubu bermain terbuka dan saling menyerang. Toh Peru yang bermain lebih efektif mampu membuka keunggulan pada menit 21.

Berawal dari umpan Christian Cueva dari sayap kiri, bola dilanjutkan dengan sundulan oleh Andre Carillo. Edison Flores kemudian menyambutnya dengan tendangan voli yang langsung menghujam gawang Chile.

Gol ini membuat tempo pertandingan makin tinggi. Chile yang berusaha membalas sedikit melupakan pertahanan. Akibatnya, gawang mereka kembali kebobolan pada menit 38.

Posisi kiper Chile, Gabriel Aras, yang terlalu maju dimanfaatkan dengan maksimal oleh Yoshimar Yotun. Dengan mudah Yotun memasukkan bola ke gawang yang kosong.

Di babak kedua, Chile mengubah strategi yang membuat mereka makin agresif. Tertinggal 0-2 memang memaksa mereka harus tampil full attack.

Strategi ini nyaris membuahkan gol pada menit 51. Andai saja sundulan Eduardo Vargas tak mengenai mistar gawang Peru.

Peru pun merespons strategi Chile dengan lebih fokus bertahan dan mengandalkan serangan balik. Taktik ini sanggup membuat pertahanan Chile pontang panting karena mereka juga fokus ikut membantu serangan.

Hasilnya pun didapat pada tambahan waktu. Paolo Guerrero dengan cerdik melakukan manuver cantik untuk kemudian membuat jala gawang Chile bergetar untuk ketiga kalinya.

Di babak kedua, Peru memang lebih banyak bertahan. Beruntung penampilan apik kiper Pedro Gallese membuat gawang mereka tetap aman sepanjang laga.  Salah satunya tentu saja saat menepis tendangan penalti Pedro Gallese pada menit akhir tambahan waktu.

Berkat kemenangan ini Peru pun memastikan diri tampil di final Copa America 2019. Mereka akan menantang Brasil yang sudah lebih dulu lolos setelah mengandaskan ambisi Argentina 2-0, Rabu (3/7).

Chile 0-3 Peru
(Flores 21', Yotun 38', Guerrero 90+1')

Susunan Pemain
Chile: 1-Gabriel Arias; 4- M Isla, 17-Gary Medel, 3-G Maripan (9-Nicolas Castillo 89'), 15-Jean Beausejour,; 13-Erick Pulgar, 8-Arturo Vidal, 20-Charles Aranguiz ; 6-J Fuenzalida (22-Angelo Sagal 46'), 11-Eduardo Vargas, 7-Alexis Sanchez.
Pelatih: Reinaldo Rueda

Peru: 1-Pedro Gallese; 17-Luis Advincula, 15-Carlos Zambrano, 2-Luis Abram, 6-Miguel Trauco; 19-Yoshimar Yotun, 20-Edison Flores (23-Christofer Gonzales 50'), 8-Christian Cueva (7-Josepmir Ballon), 13-Renato Tapia, 18-André Carrillo (14-Andy Polo 71'); 9-Paolo Guerrero.
Pelatih: Ricardo Gareca.[rmb]

Komentar Pembaca
Drama Politik Nasdem, Batal jadi Oposisi?

Drama Politik Nasdem, Batal jadi Oposisi?

SELASA, 22 OKTOBER 2019 , 23:25:37

Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03