Didukung Sejumlah DPD, Bamsoet Akan Sowan Ke Airlangga Hartarto

Politik  JUM'AT, 28 JUNI 2019 , 19:07:00 WIB

Didukung Sejumlah DPD, Bamsoet Akan Sowan Ke Airlangga Hartarto

Ketua DPR Bambang Soesatyo terima dukungan sebagai caketum Golkar/Net

RMOLBabel.Bursa calon Ketua Umum Partai Golkar hingga kini menguat kepada beberapa nama, salah satunya sosok yang saat ini menjabat Ketua DPR Bambang Soesatyo.
Hari ini, Bamsoet sapaan Bambang Soesatyo, mendapat dukungan dari sejumlah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat I dan II untuk maju pada Musyarawah Nasional (Munas) 2019 yang akan digelar dalam waktu dekat.

Melalui perwakilan secara tertulis, DPD I Provinsi Kepulaau Riau dan seluruh DPD kabupaten Kota se-Kepulauan Riau, DPD Kota Cirebon dan Ciamis, serta Maluku dan Papua memberikan dukungan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (28/6).

"Hari ini saya kedatangan beberapa kawan-kawan DPD II, seluruh provinsi Kepri dan sebagian Jawa Barat. Sebetulnya kawan-kawan daerah dari beberapa waktu yang lalu ingin berkunjung ke Jakarta namun saya cegah, karena saya kadung komitmen menunggu hasil MK dan tidak ingin menambah kegaduhan baru di partai," kata Bamsoet usai menerima dukungan di ruang kerjanya.

Dalam dukungan tertulis, sejumlah DPD memberikan beberapa persyaratan kepada mantan Ketua Komisi III DPR itu. Yang pertama adalah daerah mengharapkan Partai Golkar tetap setia dan mendukung pemerintahan Jokowi hingga selesai.

Permintaan lain adalah mereka berharap keputusan Partai Golkar tingkat pusat harus mengacu pada Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga serta Peraturan Organisasi. Tidak ada keputusan partai yang tanpa melalui mekanisme partai yang ada.

Ketiga, tidak ada lagi pelaksana tugas harian yang mengisi jabatan di daerah. Mereka juga berharap pengurus Partai Golkar harus diisi lebih banyak anak-anak muda sekurang-kurangnya 60-70 persen dan tetap mengacu kepada PDLT. Hal ini untuk menghadapi tantangan zaman yang makin besar.

"Mereka juga berharap ketua umum Partai Golkar hanya satu periode. Dan saya juga setuju satu periode sehingga kaderisasi di partai terus berjalan dengan lancar, tidak macet. Karena partai harus terus-menerus melakukan penyegaran dan menyesuaikan dengan tantangan zaman," kata Bamsoet dilansir RMOL.id.

Jika natinya terpilih, dia mengaku akan tunduk pada aspirasi pengurus Golkar di daerah. Di sisi lain, terkait statusnya masih sebagai pengurus DPP Golkar, dia berencana akan izin kepada Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto untuk maju sebagai calon ketum.

"Pasti saya akan bertemu dengan ketua umum karena fatsun politik saya adalah begitu dan akan menyampaikan niat saya kepada ketua umum. Saat ini saya masih mempertimbangkan," ucapnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua DPD Golkar Kota Cirebon, Toto Sunanto mengatakan dukungannya itu didasarkan agar ada perubahan di Partai Golkar.

"Ya kami dari Kota Cirebon mendukung secara penuh untuk pencalonan Bamsoet, mudah-mudahan di pimpin oleh Bamsoet ini menjadi ada perubahan di Golkar," kata Toto.

Toto mengaku tidak ada masalah ketika dukungan DPD Kota Cirebon berbeda dengan sikap Politik Ketua DPD I Jawa Barat, Dedi Mulyadi yang telah mendukung petahana Airlangga Hartarto.

"Ya kita akan lihat, kompetisi adalah dari hak semua," tandasnya.[rmb]

Komentar Pembaca