Penyebab Gatal-Gatal Warga Pangkalarang Tunggu Hasil Lab

Daerah  KAMIS, 13 JUNI 2019 , 11:18:00 WIB

Penyebab Gatal-Gatal Warga Pangkalarang Tunggu Hasil Lab
RMOLBabel. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang belum dapat memastikan penyebab gatal-gatal warga Pangkalarang, Kelurahan Katapang Kecamatan Pangkalbalam akibat serangan wabah ulat bulu.
"Saat ini kami sedang menunggu hasil uji Laboratorium terkait penyebab terjadinya gatal-gatal yang dialami warga Pangkalarang. Minimal kita harus menunggu 3 hari kedepan menunggu hasil Lab itu keluar, pasalnya kita tidak punya alat pengujian dengan itu kami menyerahkan sampelnya ke BPOM," ujar Plt Kepala Dinkes Kota Pangkalpinang, Suriyanto, Rabu (12/6).

Terkait itu, saat ini Suriyanto mengatakan penyebab gatal-gatal yang dialami warga Pangkalarang itu di indikasikan bukan terjadi pada serangan wabah ulat bulu terlebih ataupun faktor pencemaran air di lingkungan tersebut.

Sambung mantan Sekdin Tata Kota Pangkalpinang itu, jika melihat dari faktor air tidak mungkinkan gatal-gatal tersebut terjadi, pasalnya warga setempat mengkonsumsi dan menggunakan air bersih (sumur galian dan sumur bor) sehingga bisa kita indkasian bukan itu penyebanya. Dari faktor ulat bulu juga jauh kemungkinan. Besar indikasi lain yang kita yakini adalah faktor angin dan pola hidup sehat warga itu sendiri.  

"Secara logika, gatal-gatal itu sudah terjadi sejak sebelum puasa, sedangkan ulat bulu itu baru muncul sebelum lebaran, kendati demikian kita belum bisa menyimpulkan penyebab gatal-gatal tersebut hanya saja sampai saat ini indikasi kita kemungkinan besar disebabkan oleh faktor udara yang membawa wabah gatal-gatal itu kepemukiman warga," jelasnya.  

"Apakah mereka alergi atau pengaruh lain, kita belum bisa memastikan dari lingkungan yang kurang baik juga bisa menyebabkan hal itu, kerena kita ketahui daerah tersebut memang merupakan salah satu kawasan kumuh yang ada di Pangkalpinang," tukas Suriyanto.[Ina]

Komentar Pembaca
RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15